Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Teknologi Nano Vantablack, Membuat Warna Hitam menjadi lebih hitam

19 Januari 2017   04:57 Diperbarui: 19 Januari 2017   06:23 0 8 4 Mohon Tunggu...
Teknologi Nano Vantablack, Membuat Warna Hitam menjadi lebih hitam
Teknologi nano vantablack membuat benda yang sama tampak berbeda. Photo: Surrey NanoSystems

Semua orang tentunya sudah mengenal dan mendefinisikan warna hitam dengan baik.  Namun penemuan teknologi yang dinamakan vantablack ini akan membuat kita berpikir ulang dalam mendefinisikan warna hitam.

Keistimewaan vantablack tidak saja dapat menyerap sinar laser sehingga seolah menghilang, namun juga dapat menghilangkan kontur permukaan objek 3 D.

Untuk menggambarkan betapa Vantablack ini lebih hitam dari warna hitam penemu teknologi ini melakukan demonstrasi dengan melapisi topeng tiga dimensi dengan lapisan khusus yang dinamakan vantablack

Hasilnya memang sangat luar biasa karena  dua topeng 3D yang identik terlihat sangat berbeda dimana topeng yang dilapisi oleh vantaback tampak hitam dan datar, sama sekali tidak tampak tonjolan unsur 3 D nya.

Vantablack kini digadang gadang sebagai teknologi masa depan yang memiliki prospek sangat cerah dalam penerapannya. (lihat videonya di sini, Video2)

Apa itu Vantablack ?

Penemuan teknologi warna tergelap di dunia yang  terjadi pada tahun 2014 lalu ini menjadi headline  pemberitaan dunia mengingat dengan menggunakan teknologi ini, sebuat pesawat tempur seolah terlihat menghilang.

Vantablack ini ditemukan oleh para peneliti dari perusahaan teknologi nano Inggris yang bernama Surrey NanoSystems.  Materi ini dapat menyerap 99,96% cahaya yang mengenainya.  Jadi dengan kata lain apabila suatu benda dilapisi oleh vantablack maka akan tampak gelap, datar tidak berbentuk.

Sebuah benda 3 D yang dilapisi oleh vantablack ini berubah menjadi seolah datar, tampak seperti lubang hitam tanpa bentuk.

Pembuatan  vantablack  dimulai dengan membentuk partikel katalis berbahan dasar karbon yang ukurannya hanya sekitar 1-2 nano meter saja.  Selanjutnya partikel ini dijenuhkan dengan menggunakan gas untuk membentuk tabung tabung ultra mikro (nanotube).

Sebagai gambaran, untuk setiap lapisan seluas 1 cm terdapat lebih dari lebih dari 1 milyar nanotubes, sehingga kita dapat membayangkan betapa kecilnya nanotube ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x