Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Daljinder Kaur Melahirkan Bayi Pertamanya di Usia 72 Tahun

13 Mei 2016   11:34 Diperbarui: 13 Mei 2016   12:40 232 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Daljinder Kaur Melahirkan Bayi Pertamanya di Usia 72 Tahun
Mohinder Singh (79 tahun) dan Daljinder Kaur (70 tahun) yang baru saja meliki anak. Photo: Barcroft Images Barcroft Images

Cerita ini bermula ketika pasangan Daljinder Kaur yang kini   dipercaya berumur sekitar 72 tahun  dan suaminya Mohinder Sigh Gill yang berumur 79 tahun selama 46 tahun perkawinannya belum dikaruniai anak. Mereka tinggal di wilayah Utara kota Hisar di India.

Namun setelah melalui prosedur bayi tabung akhirnya pasangan ini beberapa hari lalu dikarunia anak laki laki yang dinamakannya   Arman.  Sontak saja berita ini tidak hanya saja menggemparkan India namun juga dunia.

Dalinjer Kaur setelah melahirkan. Photo : cdn.asiancorrespondent.com
Dalinjer Kaur setelah melahirkan. Photo : cdn.asiancorrespondent.com
Jelas sekali kehebohan terkait kelahiran bayi ini bukan terkait dengan teknologi bayi tabungnya, namun lebih kepada moralitas.  Dapat dibayangkan disamping masalah bahaya kesehatan bagi sang ibu yang telah berusia lanjut namun juga masa depan anak, karena pada saat Arman berusia 21 tahun berarti  sang ayah akan berusia 100 tahun.

Moralitas yang dipertanyakan

Keinginan pasangan ini memperoleh anak memang merupakan hak pribadi mereka, namun para dokter yang melakukan prosedur bayi tabung yang telah berusia lanjut ini dipertanyakan moralitasnya dan  mengundang pertanyaan besar para dokter seprofesinya.

Secara teoritis dengan kemajuan teknologi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membuat seorang wanita yang berusia 90 tahun sekalipun dapat  hamil.

Pasangan ini mengaku bahwa sel telur dan sperma yang digunakan dalam proses bayi tabung ini berasal dari mereka, namun banyak kalangan yang menyangsikan kebenaran cerita tersebut, sebab  Daljinder  sudah mengalami menopause sekitar 20 tahun yang lalu.

Mamang di India masih belum ada undang undang yang mengatur batasan usia orang yang mengalami prosedur bayi tahung, namun yang ada hanya patokan saja.  Pada umumnya usia maksimum wanita yang boleh melakukan prosedur bayi tabung sekitar 50 tahun  dan gabungan  usia wanita dan pasangannya sebaiknya tidak melebihi 110 tahun.

Jika benar klaim  usia Deljinder sekitar 72 tahun, maka ibu yang baru melahirkan anaknya ini merupakan wanita tertua di dunia yang melahirkan anak.

Bagaimana tanggapan pasangan ini?

Daljinder sang ibu yang baru saja melahirkan anaknya ini hanya dapat memberikan komentar “tuhan telah mendengarkan doa kami”. “hidupku sekarang telah lengkap dan saya akan menjaga bayi  ini dengan sepenuh hati”. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN