Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Sayangi Sperma Anda : Jangan Taruh Handphone dalam Kantung Celana!

23 Februari 2016   08:09 Diperbarui: 23 Februari 2016   08:49 251 26 14 Mohon Tunggu...

[caption caption="Sumber Ilustrasi judul : Alamy"]


[/caption]Hasil studi yang baru saja dipublikasikan di Journal of Reproductive BioMedicine menunjukkan bahwa menelpon secara rutin dengan menggunakan Handphone (HP) lebih dari 1 jam dalam sehari dan juga menggunakan HP saat HP sedang discharge mengurangi konsentrasi sperma sampai dengan 50%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penurunan konsentrasi spema sampai di bawah batas normal ini akan semakin meningkat jika orang tersebut membawa dan menyimpan HP nya dengan jarak kurang dari 50 cm dari testis.

Fenomena penurunan konsentrasi sperma yang signifikan ini ditemukan pada 47,1% pria yang menyimpan HP nya dekat dengan testis, dibanding dengan hanya 11,1% fenomena penurunan kualitas spema pada keseluruhan populasi pria.

Hasil penelitian yang melibatkan 106 sampel pria ini cukup memberikan peringatan bagi kaum pria bahwa jika ingin menjadi ayah, sebaiknya segera merobah cara penyimpanan HP nya, yaitu tidak dalam kantong celana atau di meja di samping tempat tidur selama tidur.


 

Gelombang elektromaknetik HP menurunkan kualitas sperma secara signifikan. sumber

Terkait dengan hasil penelitian ini pakar fertilitas dari St George Hospital London menyarankan para pria sebaiknya mengurangi frekuensi penggunaa HP dan juga memperbaiki cara menyimpan HP dengan benar agar kualitas psermanya tidak terganggu.

Untuk mengurangi resiko penurunan kualitas spema ini disarankan jika seandainya kita menggunakan jas, sebaiknya HP disimpan di kantong bagian dalam di dada, bukan di kantong bagian bawah yang berdekatan dengan testis.

Hasil peneltian ini juga menyadarkan kita bahwa apakah memang pria harus menaruh HP nya di meja di samping tempat tidur selama tidur ? atau bahkan ada yang menyimpan HP di dalam kantung piyama nya selama tidur.

Penurunan kualitas spema ini memang sangat mengkhawatirkan, karena hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jumlah sperma yang memiliki daya jelajah dan kemampuan berenang dengan baik dalam cairan sperma juga menurun tajam pada pria yang aktif menggunakan HP dan menyimpan HP nya dekat dengan testis.

Diduga penurunan kualitas sperma yang signifikan ini terkait dengan peningkatan suhu sperma akibat adanya gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh HP. Hasil penelitian ini membuktikan kekhawatiran yang selama ini ada akan adanya pengaruh gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh HP terhadap kualitas sperma.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN