Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Manusia Kerdil Flores : Menguak Sejarah Evolusi Manusia

20 November 2015   05:18 Diperbarui: 20 November 2015   11:18 500 12 5 Mohon Tunggu...

Perbandingan tengkorak manusia modern dengan manusia kerdil Flores. Manusia kerdil Flores bukan sekedar pengecilan ukuran manusia modern.  Photo: Yousuke Kaifu

Tidak pelak lagi penemuan kerangka manusia kerdil Flores pada tahun 2004 lalu  di gua Liang Bua Flores dianggap sebagai salah satu penemuan terpenting abad ini. Penemuan kerangka yang relatif lengkap ini telah mengejutkan dunia ilmiah karena kecilnya ukuran manusia Flores ini. Dunia ilmiah sepakat menamakan manusia kerdil Flores yang berumur 18.000 tahun ini sebagai salah satu spesies terpisah yaitu Homo floresiensis yang memiliki kontribusi dalam menentukan asal usul manusia.

Penemuan ini memang masih  menimbulkan spekulasi, bahkan ada peneliti yang mengatakan bahwa manusia kedil Flores tidak lebih dari manusia biasa yang mengalami kelainan genetik yang disebut dengan microcephaly yang menyebabkan kekerdilan.

 

Rekonstruksi manusia kerdil.  Sumber : National Museum of Nature and Science, Tokyo

Rekonstruksi forensik manusia kerdil Flores. Sumber: http://thumbs.media.smithsonianmag.com

Namun banyak peneliti yang berpendapat bahwa penemuan manusia kerdil Flores ini merupakan salah satu penemuan terpenting abad ini karena berkontribusi pada sejarah evolusi manusia. Salah satu hipotesis yang berkembang adalah manusia kerdil Flores merupakan hasil evolusi Homo habilis, yaitu spesies yang memiliki ukuran otak kecil.

Teori lain yang berkembang menyatakan bahwa manusia kerdil Flores merupakan keturunan dari manusia Jawa Homo erectus yang menghuni pulau Jawa dan bermigrasi ke pulau Flores. Di pulau inilah manusia kerdil Flores mengalami evolusi penyusutan ukuran tubuh dan ukuran otaknya.

 

Liang Bua tempat ditemukannya manusia kerdil Flores. Photo: http://cdn.c.photoshelter.com/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN