Mohon tunggu...
Roro Afifah
Roro Afifah Mohon Tunggu... Lainnya - Pendidikan

Cinta tanah air Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA Melakukan Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) di MAN 6 Jakarta

13 Oktober 2021   08:24 Diperbarui: 13 Oktober 2021   08:36 787
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Kegiatan Observasi Secara Langsung Di MAN 6 Jakarta Timur Pada Hari Rabu, 29 September 2021 (Dokpri)

Masa pandemi bukan menjadi halangan untuk tidak produktif sehingga Mahasiswa FKIP UHAMKA lebih tepatnya dari Program Studi Pendidikan Geografi Semester 5 melakukan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP1) pada salah satu sekolah di Jakarta Timur. Pengenalan Lapangan Persekolahan yang selanjutnya disingkat PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP) merupakan kegiatan yang wajib dilakukan bagi mahasiswa semester 5. Kegiatan-kegiatan dalam PLP 1 ini merupakan langkah awal yang diberikan oleh pihak perguruan tinggi sebelum melaksanakan kegaiatan PLP 2. Kegiatan  PLP 1 ini bertujuan untuk mempersiapkan agar para calon tenaga pendidik lebih awal mengetahui berbagai struktur sekolah, tata kelola, karakteristik peserta didik juga tata tertib di skeolah tersebut sehingga dapat mengantisipasi kesalahan yang bisa dilakukan pada saat kegiatan PLP 2.  

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Program Studi Pendidikan Geografi Semester 5 diberi pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) pada hari Selasa, 14 September 2021. Sebelum melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1), Salah satu kelompok Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA yang beranggotakan 4 orang yang diketuai oleh Putri Gandari, dan beranggotakan Kirana Pramesti Astradewi, Nabila Fauzia, Rr. Afifah Safira Jannah, Pepi Sasmita melakukan bimbingan bersama Ibu Siti Dahlia, S. Pd, M.Sc selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan).

MAN 6 Jakarta Timur yang beralamat di Jl. MAN 6 Blok E No.27 RT 10 RW 04 Kel. Dukuh Kec. Kramatjati 13550 Kota : Jakarta Timur, Provinsi : DKI Jakarta, dipilih sebagai lokasi kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) dengan alasan sekolah tersebut merupakansuatu Lembaga Pendidikan Negeri yang cukup baik, untuk dijadikan kegiatan pengamatan/observasi dan wawancara. Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) di MAN 6 Jakarta Timur dilaksanakan selama 4 hari secara offline dengan menggunakan protokol kesehatan.

Gambar 2. Wawancara Secara Langsung dengan Bapak Drs. H. Hasan Yeubun  Selaku Guru Geografi Selaku Kepala Madrasah di MAN 6 Jakarta pada hari Rabu, 29 September 2021 (Dokpri)
Gambar 2. Wawancara Secara Langsung dengan Bapak Drs. H. Hasan Yeubun  Selaku Guru Geografi Selaku Kepala Madrasah di MAN 6 Jakarta pada hari Rabu, 29 September 2021 (Dokpri)

Gambar 3. Wawancara Secara Langsung dengan Bapak Aris Mulyono S.Pd, MM Selaku Guru Geografi (Dokpri)
Gambar 3. Wawancara Secara Langsung dengan Bapak Aris Mulyono S.Pd, MM Selaku Guru Geografi (Dokpri)

Gambar 4. Wawancara Secara Langsung dengan Ibu Widawati Iskandar, S.Pd, M. Pd Selaku Guru Geografi MAN 6 Jakarta pada hari Rabu, 29 September 2021 (Dokpri)
Gambar 4. Wawancara Secara Langsung dengan Ibu Widawati Iskandar, S.Pd, M. Pd Selaku Guru Geografi MAN 6 Jakarta pada hari Rabu, 29 September 2021 (Dokpri)

Kegiatan observasi ini dilakukan dengan mewawancarai yaitu bapak Drs. H. Hasan Yeubun  selaku Kepala Madrasah Aliyah selain itu dibantu juga dengan Guru Pamong dalam mata pelajaran Pendidikan Geografi yaitu Ibu Widawati Iskandar, S.Pd, M. Pd dan Bapak Aris Mulyono S.Pd, MM. Wawancara yang kelompok kami lakukan ini berkaitan dengan beberapa bentuk kegiatan di sekolah seperti pengamatan kultur sekolah atau karakteristik peserta didik, pengamatan struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, pengamatan peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial-formal, kegiatan rutin, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif disekolah, serta proses pembelajaran dalam mata pelajaran Geografi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun