Mohon tunggu...
Roy Noah Archer
Roy Noah Archer Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

nothing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 8

30 November 2022   21:28 Diperbarui: 30 November 2022   21:42 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada pertama kali, saya mendapatkan tugas pra geladi yang diberikan oleh dosen untuk prasyarat awal menyelesaikan geladi tersebut. Saya mulai mengerjakan tugas pra geladi terlebih dahulu dan menyelesaikan tugas tersebut sampai selesai. Di saat hari minggu saya mengikuti zoom yang telah diberikan melalui email dan saya mengikuti zoom tersebut sampai selesai. 

Ada banyak manfaat yang bisa saya dapatkan melalui zoom ini salah satunya yaitu ilmu dalam kerja sama dan saling menghargai pendapat. Pada awal zoom kami semua mendengarkan peraturan dan kata pengantar dari beberapa dosen yang mengurus geladi tersebut. Setelah itu saya mendapatkan tugas untuk berdinamika kelompok dan saya melakukan kerja sama bersama teman sekelompok saya dan pada akhirnya kami  melakukan presentasi tentang tugas yang telah diberikan. Kami pun diajarkan cara melakukan presentasi dengan baik sehingga kami dapat menyelesaikannya dengan maksimal

Selama saya mengikut geladi hominasasi itu sangat bermanfaat bagi saya karena saya bisa mengenal lingkungan baru dan orang baru. Saya pun bisa belajar untuk menghargai pendapat orang lain, mau untuk aktif dalam kerja sama dan berani untuk berbicara terhadap orang yang kita belom dekat. Kemampuan berbahasa dan berlogika sangat perlu karena kita sebagai manusia harus menggunakan logika atau akal pikir kita dalam melakukan kehidupan sehari-hari. Di dalam suatu negara pun pasti ada keberagaman dan kita tidak boleh melakukan rasisme ataupun mementingkan diri sendiri. 

Sepanjang geladi pun aku belajar banyak hal tentang kemampuan berpikir dan berbahasa sebagai warga negara seperti menghargai orang yang sedang berbicara ataupun aktif dalam memberikan suatu masukan agar hasil kerja semakin lebih baik lagi. Saya berusaha untuk meningkatkan kemampuan berbahasa saya melalui aktif dalam pelajaran maupun kerja kelompok, aktif melaksanakan kegiatan UKM ataupun kegiatan organisasi kampus, dan mau untuk berpikir sebelum berbicara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun