Mohon tunggu...
Abdurrauf Said
Abdurrauf Said Mohon Tunggu... Dilettante

Penulis berusia 17 tahun, menyukai sejarah, sains, dan film. Cukup peduli untuk topik seputar konservasi lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Kesalahan Sosok Plato, Sang Filsuf Besar

9 Mei 2020   23:30 Diperbarui: 10 Mei 2020   18:15 118 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kesalahan Sosok Plato, Sang Filsuf Besar
ceotudent.com

Siapa yang tak kenal Plato, filsuf Yunani Kuno yang namanya harum hingga detik ini. Ia juga terkenal atas gagasannya terkait bentuk negara Republik, salah satu orang pertama yang menyadari bahwa sumber kesadaran dan ide berasal dari otak, dll.

Plato juga terkenal dengan quote yang berbunyi :

quotefancy.com
quotefancy.com
"Kebutuhan adalah Induk dari Penemuan." Begitu katanya.

Tapi, apakah konsep ini 100% benar dan akurat? Bisa jadi. Coba kita ambil penemuan mesin uap sebagai sampel. Hampir semua anak sekolah diajarkan bahwa penemu mesin uap ialah James Watt. 

Padahal, jauh sebelum James Watt lahir, pada 1698 lelaki bernama Thomas Savery mendapatkan hak patennya sebagai penemu mesin uap. Hanya saja modelnya terlalu sederhana sehingga dulu hanya digunakan sebagai pompa air di penambangan. Mesin yang Thomas Savery ciptakan dikembangkan oleh Thomas Newcomen beberapa tahun kemudian.

Mesin Newcomen inilah yang diakui sebagai mesin uap pertama yang sesungguhnya, hanya saja mesinnya memiliki beberapa kekurangan, salah satunya dalam pengaturan suhu. 

Hingga akhirnya, jauh setelah kematian Newcomen, James Watt berhasil mengembangkan mesin uap dengan sempurna pada tahun 1776. Mesinnya terjual dan laku keras, serta mendorong terjadinya revolusi industri pertama di Inggris.

britannica.com
britannica.com
Bagaimana bisa mesin Newcomen tidak mendorong terjadinya revolusi industri, padahal mesin Watt hanya memiliki keunggulan yang nampak berupa kondensasi silinder ganda?

Alasannya adalah kebutuhan, pada awal tahun 1760an Inggris sedang memperluas jaringan kanal dan jalan. Jadi sangat membutuhkan mesin yang mampu membantu pekerjaan pemerintah. 

Seperti yang kita ketahui, pada abad ke18 Inggris sedang makmur dan berkembang pesat dalam berbagai bidang. 

James Watt beruntung hidup di era itu, sementara Newcomen telah meninggal pada tahun 1729.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x