Mohon tunggu...
Money

Pentingnya Pelayanan Prima dalam Dunia Perbankan

8 Desember 2016   14:21 Diperbarui: 9 Desember 2016   19:10 2040
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Berbicara tentang pelayanan dalam bank, masih banyak bank yang belum memberikan pelayanan dengan baik. Baik bank yang berada di perkotaan maupun pedesaan. Perkembangan yang semakin canggih dan maju dalam hal ekonomi khususnya perbankan pada era MEA di zaman sekarang ini untuk menghadapi ASEAN Integration Banking Framework dalam tahun 2020, pengelolaan SDM akan menjadi hal critical agar perbankan nasional dapat tetap eksis  mengingat industry perbankan membutuhkan keahlian dan kapabilitas yang lebih tinggi dibandingkan industri lain. 

Salah satu jenis kompetensi yang menjadi sesuatu yang mutlak harus dimiliki oleh perbankan Indonesia adalah pelayanan prima. Hal ini disebabkan karena tantangan banker dimasa depan akan semakin berat, terutama disebabkan oleh meningkatnya intensitas persaingan yang menuntut perbankan untuk menyediakan pelayanan yang terbaik agar mampu bersaing dalam lingkungan ASEAN pada khususnya dan dalam lingkungan global pada umumnya yang semakin kompleks dan berisiko, serta adanya pengaruh faktor-faktor global seperti perlunya melakukan adopsi international best practices serta era globalisasi yang memudahkan masuknya investor asing baik dari aspek permodalan maupun aspek sumber daya manusia.

Dalam dunia perbankan pelayanan prima sangat diperlukan untuk memberikan rasa puas terhadap nasabah, sehingga pelanggan merasa dirinya dipentingkan atau diperhatikan sebagaimana mestinya. Jika nasabah merasa puas maka mereka akan setia dan terus menggunakan produk/jasa yang digunakan. Nasabah akan membicarakan hal baik tentang pelayanan bank yang diperolehnya tentang bank dan produknya kepada orang lain, tidak terlalu memperhatikan merek pesaing dan tidak terlalu sensitive terhadap harga. Pelayanan prima terhadap nasabah sangat penting karena  merupakan strategi untuk memenangkan persaingan.

Setiap bank memiliki prosedur dan tata cara yang berbeda untuk menerapkan pelayanan prima, adanya pelatihan untuk para karyawan bank sehingga akan menciptakan dedikasi pribadi yang tinggi dalam menarik perhatian nasabah dan bersikap ramah sehingga menimbulkan kesan positif dari nasabah. Pelayanan prima harus ditunjang oleh sumber daya manusia yang handal, mempunyai ciri khas yang berbeda, dan memiliki visi yang jauh kedepan .

Tidaklah mudah membuat suatu bank dengan keadaan sempurna tanpa kekurangan dan memiliki citra yang baik bagi masyarakat. Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dalam hal layanan, maka pelayanan terbaik harus diupayakan terus menerus agar bank tidak kehilangan nasabah. Karena jika bank memiliki pelanggan loyal yang percaya terhadap ekselensi jasa yang diberikannya.  Maka kepuasan nasabah yang didapat akan membuat nasabah bertahan menjadi pelanggan setia.

Dengan demikian, penerapan pelayanan prima dapat membantu suatu bank untuk mencapai suatu target yang ingin dituju. Adapun target yang ingin dituju tersebut antara lain berupa meningkatnya kepuasan nasabah, mempertahankan nasabah yang potensial dan menguntungkan, meningkatnya jumlah nasabah yang loyal, mendapatkan nasabah baru dan tercapainya konsep pelayanan prima yang dijadikan sebagai tujuan utama dari suatu perusahaan atau organisasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun