Mohon tunggu...
Rumi Algar
Rumi Algar Mohon Tunggu...

Male. Hard worker, Smart, Energik, Supel, Familiar, dan lain-lain. No. Contact Person : 0813 1286 7298 & 082312951990.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Peranan dari Perkembangan Sebuah Iklan Rokok Pada Masyarakat Modern Pada Dewasa Ini

9 Juni 2013   19:40 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:17 1170 4 5 Mohon Tunggu...

Peranan Dari Perkembangan Sebuah Iklan Rokok Pada Masyarakat Modern Pada Dewasa Ini[1]

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya”

Pernakah anda melihat Iklan Rokok di Televisi atau media elektronik lainnya. Biasanya iklan tersebut telah lama beredar di masyarakat pada umumnya. Seperti kita lihat pada beberapa tanyangan yang ada di Televisi misalkan Tanyangan Rokok sebuah merk yang sering di konsumsi oleh masyarakat pada umumnya seperti Merk Djarum super atau Gudang Garam.

Perlu kita ingat bahwa pada tanggal 31 mei yang kemarin diperingati hari tembakau sedunia. Mengapa diperingati hari tembakau sedunia. Pada perkembangannya hari tembakau sedunia yang jatuh pada tanggal 31 mei kemarin. Banyak dari produk-produk dari sebuah perusahaan rokok yang berkibar di Indonesia maupun juga di luar negeri sana (Internasional).

Anda pasti tahu Dji sam Soe bukan ? itulah rokok kretek paling mahal di dunia. Mengapa bisa begitu? Soalnya, hanya Indonesia yang bikin rokok kretek. Jadi, kalau Dji Sam Soe termahal di Indonesia, pasti juga termahal di seluruh dunia. Djie Sam soe memang unik. Brand ini sudah berumur lebih dari 80 tahun , tapi life cycle nya masih belum masuk tahap declining. Belakangan, bahkan naik terus.

Seperti kita ketahui bahwa rokok kretek ataupun merk rokok lainnya yang laku dipasarkan merupakan sumbangsih dari salah satu produk unggulan dari rokok yang ada dipasaran saat ini. Seperti pada saat ini rokok merk Sampoerna yang dimiliki atau Funding futher (pemilik) nya adalah Putera Sampoerna. Merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar yang ada di Indonesia saat ini. Boleh kita lihat dari berbagai tanyangan iklannya di Televisi atau media elektronik lainnya. Pada dasarnya rokok ini merupakan rokok atau boleh rokok dari bahan tembakau dengan rokok kretek lainnya boleh diadu dari cara pembuatan bahan tersebut dari strukturnya, bahan dari penyajian, sampai dengan aromanya yang kita bisa lihat disekitar lingkungan kita pada saat ini.

Boleh kita bilang rokok sampoerna merupakan rokok kretek yang sering dipasarkan dimasyarakat pada saat ini. Saya sebagai masyarakat sekitarnya melihat Rokok Samporna merupakan rokok kretek yang paling pas yang bisa dipasarkan di Indonesia atau Negara tetangga lainnya seperti di Asia Tenggara.

Somperna pernah mencoba meluncurkan produk baru, yang memakai kandungan saus cukup banyak, tapi gagal. Akhirnya, disadari bahwa rokok tembakau inilah yang justru merupakan kekuatan bagi Sampoerna. Dji Sam Soe , sebagai tulang punggung Sampoerna pada saat ini bisa mencapai 80% dari keuntungan omset tersebut.

Produk A-mild[i],yang sekarang ini mulai laku dipasaran. Ini merupakan dari sebuah produk dari anak perusahaan dari Rokok Sampoerna tersebut. Seperti kita A-mild tersebut sangat laku dipasaran karena bisa merangkul semua kalangan dari Anak muda atau remaja, berbagai profesi atau kalangan , maupun orang-orang bisnis yang ada dikantoran pada saat ini. Dan tidak lupa orang-orang tua masih menyukai dari rokok tersebut. Kenapa seperti itu karena rokok tersebut, merupakan salah satu bahannya sangat sedikit sekali kadar nikotin dan tar. Karena dengan begitu oleh merasa menikmati rasa dan aroma dari rokok tersebut. Suka atau tidak suka ini merupakan dari produk modern dari sebuah perusahaan rokok pada saat ini.

Dengan cara penyajiannya sangat higenis dengan mempertimbangkan latar belakang dari sebuah kemasan rokok pada saat penyajiannya saat ini. Rokok A-mild tersebut merupakan dari sebuah rokok dengan berbagai macam rokok kretek lainnya yang ada di Indonesia saat ini dan masih eksis dan menujukkan kukunya di berbagai belahan atau nusantara di Indonesia. Penyajiannya atau kemasannya menggunakan bahan yang sangat sederhana tetapi canggih dalam pengelohannya bahannya seperti low tar, low nicotine, bisa dikatakan sebagai ide briliyan dari seorang putera Sampoerna, yang suka dengan menantang arus.

Seperti kita ketahui iklan rokok saat ini sangatlah menjamur di pasaran. Karena masyarakat pada umumnya ,kita sering melihat iklan rokok dari jauh-jauh hari. Karena sebuah iklan sangat penting di masyarakat modern saat ini. Ini tidak bisa dilepaskan dari sebuah perusahaan rokok yang sering dipasarkan dengan pelaku bisnis iklan yang ada di media Televisi saat ini.Seperti kita ketahui iklan rokok sama dengan iklan makanan atau minuman. Boleh saya bandingkan Iklan sebuah brand rokok dengan Iklan makanan ringan seperti snack saat ini, jauh sekali perbandingannya dari berbagai sudut yang ada pada saat ini. Ini tidak bisa terlepas dari perusahaan Brand rokok nasional dengan berbagai macam-macam motif dari sebuah kemasan rokok yang sangat mendetail ataupun mempunyai sasaran yang jelas sekali sampai dengan konsumen pada saat ini. Menurut hemat saya ini merupakan dari kejelian dari sebuah produk brand rokok nasional dengan berbagai macam tantangannya dengan para pelaku bisnis(Advertising) iklan tersebut di media Televisi ataupun media elektronik lainnya.

Pada akhirnya peran pemerintah sebagai pemilik regulasi dari sebuah peraturan yang di Negara ini. Karena banyak perushaan rokok dari sebuah brand terkenal sangat getol-getolnya ke pemilik atau pelaku Bisnis (Advertising) Iklan di Televisi ataupun media elektronik lainnya dengan berbagai saran atau pertimbangan dalam penyajian iklan atau motto/jargon dari sebuah iklan rokok yang ada sampai ke konsumen pada masyarakat modernsaat ini. Peran dari regulasi pemerintah baik dari pihak eksekutif, yudikatif, maupun legislatif. Dalam soal pengaturan sebuah produk-produk kemasan iklan rokok dipasaran saat ini haruslah atau senantisa kontinyuitas dalam mensosialisasikan produk-produk atau kemasan dari Iklan rokok pada masyarakat modern saat ini dalam kehidupan bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara.

Penulis Rumi Algar

Sarjana Antropologi UNPAD

Penggiat Forum Blogger dan Google

No. HP : 083873053127






[1] Penulis Sendiri










[i] Sebagai Catatan Hermawan Kartajaya : Siasat Antisipasi Dinamika Bisnis





VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x