Mohon tunggu...
Rotary Bintaro
Rotary Bintaro Mohon Tunggu... -

Specialist AC Mobil

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

11 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin di Siang Hari

15 Mei 2018   16:36 Diperbarui: 30 September 2020   17:14 4219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi AC Mobil (Sumber: otoasia.com)

Kini AC Mobil Tidak Dingin Pada Siang Hari Bukan Masalah Lagi

Artikel kali ini kita akan membahas mengenai AC mobil yang tidak dingin pada saat siang hari. Sangat menyebalkan bukan ketika kita sedang menggunakan mobil tiba tiba saja mobil tidak dingin atau setelah kita parkir mobil lalu menyalakan AC mobil kita tidak panas?

Berikut ini adalah penyebab yang harus diperhatikan pada saat kita menjumpai AC mobil tidak dingin hanya keluar angin pada siang hari :

1.Temperatur Mesin Panas

Overheat bisa saja terjadi ketika tekanan dalam sistem AC terlalu besar. Tekanan yang besar ini akan menyebabkan putusnya magnetic clutch. Hal ini bisa juga menyebabkan terputusnya arus listrik menuju field coil sehingga body kompresor tidak dapat bekerja secara maksimal.

2.Kompresi Didalam Kompresor Lemah

Kompresi pada kompresor berfungsi mendistribusikan Freon. Jika kompresor yang masih sehat masih mampu mendistribusikan Freon hingga ke evaporator,tidak halnya jika kompresor dengan keadaan drop. Kompresor dengan kondisi seperti ini akan bekerja maksimal jika mobil sudah berjalan lancar. Point utamanya adalah kinerja kompresor yang bekerja berat ditambah dengan kondisi udara panas siang hari sehingga semakin lama akan menyebabkan kinerja kompresor menurun.

3.Putaran Fan Radiator Kurang Kencang

Fan pada radiator berfungsi membuang udara panas pada kondensor. Putaran fan yang lemah dapat disebabkan karena suhu didalam mesin meningkat.

4.Freon Habis Karena Kebocoran

Secara umum,penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin pada saat siang hari terjadi karena permasalahan satu dengan yang lain saling berhubungan. Putaran kipas pada radiator yang kurang kencang seperti yang telah kita jelaskan di atas mengakibatkan tekanan pada Freon yang tinggi karena suhu yang tidak stabil.

Hal ini menyebabkan Freon keluar sedikit demi sedikit melalui seal sambungan antar pipa,atau bisa juga melalui seal shaft yang berada pada kompresor. Selalu ingat,Freon yang habis didalam system mesin AC mobil terjadi karena kebocoran,bukan karena efek dari sirkulasi Freon didalam AC.

5.Evaporator Kotor

Evaporator dalam system AC mobil berfungsi untuk mendistribusikan udara dingin ke bagian kabin mobil.. Cara kerjanya mirip seperti paru paru yang mengantarkan udara yang baik untuk tubuh. Jika Evaporator ini kotor dan tersumbat akan mengakibatkan udara dingin yang dihembuskan kurang sejuk.

Hal ini tentu saja akan diperparah pada kondisi siang hari yang panas. Udara sejuk yang minim karena evaporator mulai drop tidak akan mampu menyeimbangkan udara dalam kabin. Menyeimbangkan saja terlalu berat,apa lagi membuat udara dalam kabin jadi lebih sejuk.

6.Filter Kabin Kotor

Filter pada kabin berfungsi menyaring udara,filter yang kotor tentu saja akan menyebabkan sirkulasi udara tidak lancar. Di ibaratkan filter kabin ini seperti halnya fentilasi pada rumah. Ketika fentilasi ini kotor atau tersumbat udara yang mauk juga akan terhalangi. Umumnya,udara disiang hari yang panas minim akan angina. Hal ini tentu saja memperburuk keadaan,belum lagi jika kita berkendara di kemacetan Jakarta selain udara siangnya yang panas juga macet disana sini.

7.Ekstra Fan Lemah

Ekstra fan berfungsi untuk mempercepat pendinginan Freon,apabila komponen ini lemah yang terjadi adalah proses kondensasi Freon akan terganggu. Selain itu jaraknya yang berdekatan dengan radiator apabila ekstrafan ini mati atau lemah, panas di radiator akan diserap oleh kondensor. Hal inilah yang menyebabkan mesin secara keseluruhan ikut terpengaruh menjadi overheating.

8.Tekanan pada Sistem AC Mobil yang Berlebihan

Hal ini dapat terjadi ketika oli kompresor berlebih yang menyebabkan tekanan pada Freon meingkat. Tekanan yang berlebihan ini yang lantas membuat kompresor terlalu panas. Ketika hal ini terjadi,condenser akan kesulitan melakukan proses kondensasi. Akibatnya udara yang dikeluarkan tidak maksimal.

9.Saluran Pembuangan Air Kondensasi Tersumbat

Air kondensasi yang tersumbat ini diakibatkan oleh kotoran yang terserap oleh blower atau evaporator yang kotor dan menyebabkan lendir dan menyumbat saluran buang. Hal ini dapat kita lihat ketika kita menjumpai adanya tetesan air dibawah dashboard.

10.Keadaan Perjalanan Macet

Pada saat perjalanan macet,distribusi atau sirkulasi Freon AC tidak optimal,hal ini disebabkan karena kinerja kompresor yang tidak optimal,meskipun kompresor bekerja secara normal. Ditambah lagi kondisi jalanan seperti diperkotaan besar seperti Jakarta pada siang hari menyebabkan macet dimana mana. Tentu saja hal ini menjadikan mesin mobil semakin panas.

11..Kelebihan Penumpang

Kelebihan penumpang menyebabkan udara didalam kabin mobil sulit bersirkulasi. Bagi AC mobil hal ini menyebabkan penyesuaian suhu kabin semakin berat. Untuk mengatasi hal ini kita dapat menggunakan AC double blower.

Umumnya AC mobil akan memakan waktu yang cukup lama untuk mendinginkan kabin apabila kita parkir dibawah terik sinar matahari langsung. Hal ini disebabkan karena udara yang terperangkap didalam kabin tidak bersirkulasi.

Demikianlah beberapa hal penyebab AC mobil kurang dingin pada saat siang hari.

Semoga bermanfaat,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun