Otomotif

Kenapa AC Mobil Tidak Dingin di Siang Hari? Ini Jawabannya

15 Mei 2018   16:36 Diperbarui: 15 Mei 2018   19:01 3289 1 1
Kenapa AC Mobil Tidak Dingin di Siang Hari? Ini Jawabannya
Sumber: www.bintang.com

Kini AC Mobil Tidak Dingin Pada Siang Hari Bukan Masalah Lagi

Artikel kali ini kita akan membahas mengenai AC mobil yang tidak dingin pada saat siang hari.. Sangat menyebalkan bukan ketika kita sedang menggunakan mobil tiba tiba saja mobil tidak dingin atau setelah kita parkir mobil lalu menyalakan AC mobil kita tidak panas?

Berikut ini adalah penyebab yang harus diperhatikan pada saat kita menjumpai AC mobil tidak dingin hanya keluar angin pada siang hari :

1.Temperatur Mesin Panas

Overheat bisa saja terjadi ketika tekanan dalam sistem AC terlalu besar. Tekanan yang besar ini akan menyebabkan putusnya magnetic clutch. Hal ini bisa juga menyebabkan terputusnya arus listrik menuju field coil sehingga body kompresor tidak dapat bekerja secara maksimal.

2.Kompresi Didalam Kompresor Lemah

Kompresi pada kompresor berfungsi mendistribusikan Freon. Jika kompresor yang masih sehat masih mampu mendistribusikan Freon hingga ke evaporator,tidak halnya jika kompresor dengan keadaan drop. Kompresor dengan kondisi seperti ini akan bekerja maksimal jika mobil sudah berjalan lancar. Point utamanya adalah kinerja kompresor yang bekerja berat ditambah dengan kondisi udara panas siang hari sehingga semakin lama akan menyebabkan kinerja kompresor menurun.

3.Putaran Fan Radiator Kurang Kencang

Fan pada radiator berfungsi membuang udara panas pada kondensor. Putaran fan yang lemah dapat disebabkan karena suhu didalam mesin meningkat.

4.Freon Habis Karena Kebocoran

Secara umum,penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin pada saat siang hari terjadi karena permasalahan satu dengan yang lain saling berhubungan. Putaran kipas pada radiator yang kurang kencang seperti yang telah kita jelaskan di atas mengakibatkan tekanan pada Freon yang tinggi karena suhu yang tidak stabil.

Hal ini menyebabkan Freon keluar sedikit demi sedikit melalui seal sambungan antar pipa,atau bisa juga melalui seal shaft yang berada pada kompresor. Selalu ingat,Freon yang habis didalam system mesin AC mobil terjadi karena kebocoran,bukan karena efek dari sirkulasi Freon didalam AC.

5.Evaporator Kotor

Evaporator dalam system AC mobil berfungsi untuk mendistribusikan udara dingin ke bagian kabin mobil.. Cara kerjanya mirip seperti paru paru yang mengantarkan udara yang baik untuk tubuh. Jika Evaporator ini kotor dan tersumbat akan mengakibatkan udara dingin yang dihembuskan kurang sejuk.

Hal ini tentu saja akan diperparah pada kondisi siang hari yang panas. Udara sejuk yang minim karena evaporator mulai drop tidak akan mampu menyeimbangkan udara dalam kabin. Menyeimbangkan saja terlalu berat,apa lagi membuat udara dalam kabin jadi lebih sejuk.

6.Filter Kabin Kotor

Filter pada kabin berfungsi menyaring udara,filter yang kotor tentu saja akan menyebabkan sirkulasi udara tidak lancar. Di ibaratkan filter kabin ini seperti halnya fentilasi pada rumah. Ketika fentilasi ini kotor atau tersumbat udara yang mauk juga akan terhalangi. Umumnya,udara disiang hari yang panas minim akan angina. Hal ini tentu saja memperburuk keadaan,belum lagi jika kita berkendara di kemacetan Jakarta selain udara siangnya yang panas juga macet disana sini.

7.Ekstra Fan Lemah

Ekstra fan berfungsi untuk mempercepat pendinginan Freon,apabila komponen ini lemah yang terjadi adalah proses kondensasi Freon akan terganggu. Selain itu jaraknya yang berdekatan dengan radiator apabila ekstrafan ini mati atau lemah,panas di radiator akan diserap oleh kondensor. Hal inilah yang menyebabkan mesin secara keseluruhan ikut terpengaruh menjadi overheating.

8.Tekanan pada Sistem AC Mobil yang Berlebihan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2