Mohon tunggu...
rosyidah SriWahyuni
rosyidah SriWahyuni Mohon Tunggu... Guru

Rendah diri kepada sesama itu tidak diperlukan. Tapi rendah hati terhadap sesama itu adalah suatu keharusan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dua Peristiwa di Bulan Rabi'ul Awal

29 Oktober 2020   08:59 Diperbarui: 29 Oktober 2020   09:10 38 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dua Peristiwa di Bulan Rabi'ul Awal
Foto: Pinterest-Indonesia

Rabi'ul awal  merupakan salah satu bulan besar yang sangat bersejarah bagi umat Islam. Karena pada bulan inilah Nabi terakhir (khatamul Al nabiyyin) terlahir di dunia. Dan bulan rabiul awal juga biasa disebut bulan maulud (bulan kelahiran Nabi).


Pada bulan ini, sebagian umat Islam di penjuru dunia mengadakan acara-acara dan kegiatan keagamaan untuk memperingatinya. Pada bulan ini, umat Islam dianjuran untuk lebih memperbanyak membaca shalawat dibandingkan hari-hari biasanya, dengan harapan kelak kita mendapatkan syafa'at Rasulullah SAW.

Selain peringatan hari besar Islam tersebut, pada bulan rabi'ul awal ini pula saya diingatkan dengan meninggalnya ibu tercinta. Ibu meninggal saat saya masih menempuh pendidikan pasca sarjana pada salah satu universitas  di Malang.

Ibu yang biasanya tersenyum dan terlihat kuat serta tegar saat di depan anak-anaknya, pada hari jum'at telah diambil oleh Sang Khaliq Yang Maha Kuasa.  Sempat terbersit rasa tidak percaya atas kepergian beliau. Tapi kami sadar itulah hidup, dari tidak ada, menjadi ada, selanjutnya akan kembali menjadi tiada. Inilah proses manusia dan makhluk Tuhan lainnya.

Sudah barang tentu sebagai anak, saya hanya bisa mendoakan, semoga bapak dan ibu emndapatkan tempat yang indah di sisi Allah SWT.  Selain itu saya dan saudara-saudara yang sudah ditinggal oleh orang tuanya berharap, semoga sepeninggal orang tua tercinta, kami tetap bisa berbakti kepada mereka dengan cara yang telah  disyari'atkan dalam ajaran Islam.

Dan untuk para sahabat K-ners yang masih memiliki orang tua, tentu mereka sangat bersyukur karena masih bisa membahagiakan mereka yang secara langsung masih bisa dirasakan di dunia. Dan saya yakin sahabatK-ners akan menjaga mereka dengan sebaik-baiknya.

Semoga para orang tua yang masih ada, diberikan kesehatan dalam umur panjang yang membawa kemanfaatan untuk sesama. 

Rosyidah Sri wahyuni

29 Oktober 2020

VIDEO PILIHAN