Mohon tunggu...
rosyidah SriWahyuni
rosyidah SriWahyuni Mohon Tunggu... Guru - Guru

Rendah diri kepada sesama itu tidak diperlukan. Tapi rendah hati terhadap sesama itu adalah suatu keharusan.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Mie Ayam Pedas Bikin Lidah Puas (Pemanfaatan Sisa Bahan Dimsum - Bag.1)

18 September 2020   10:32 Diperbarui: 18 September 2020   10:57 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mie ayam merupakan suatu makanan yang banyak disukai, terutama oleh kawula muda. Mie dengan berbagai macam pilihan, mulai level 1 sampai 3, bahkan bisa lebih dr level 3 sudah banyak tersedia di rumah-rumah makan sampai pedagang kaki lima. 

Dan terkadang mereka membeli ramai-ramai sambil nongkrong bareng teman-teman. Tak terkecuali anak-anak saya. Beberapa kali saya melihat anak saya membeli mie ayam pedas, meskipun dia membeli dan dibawa pulang untuk dimakan di rumah.

Saya mulai berpikir, dari pada dia membeli di luar,  kenapa tidak saya bikinkan saja. Tentunya akan lebih leluasa makannya dan bisa dimakan satu rumah. 

Dan sewaktu membuat dimsum, (cara membuat dimsum sudah saya share  beberapa waktu yang lalu) tentunya tulang  ayam yang masih ada dagingnya sedikit-sedikit tidak terpakai. Pikir saya, dari pada terbuang, saya manfaatkan saja pakai kaldu mie ayam.Bahan-bahan untuk membuat mie saya lengkapi. Mulai dari beli mie yang khusus untuk mie ayam yang kebetulan saya belinya di warung dekat rumah, bawang prey, dan bahan-bahan lainnya.   Untuk ayam, saya sudah memesan bagian dada yang banyak dagingnya.

Untuk bumbunya saya gak tahu sama apa tidak dengan bumbu mie ayam pada umumnya, karena saat membuat mie ayam ini saya teringat sepupu saya di Jawa yang biasa menerima orderan catering.

Dan saat itu dia memuat menu mie ayam.Saya dikasih tahu bumbunya sudah beberapa tahun yang lalu. Jadi akhirnya saya mengira-ngira saja bumbunya karena sudah agak lupa..hehe.

Tapi kata anak dan  ponakan-ponakanku, rasanya mantap. Sampai ada ponakanku yang sengaja menelphone ibunya untuk datang ke rumah saya, karena ada seuatu yang mantap dan sangat enak di rumah saya, katanya.

Karena ponakan meyakinkan ibunya kalau makanan yang dimakan benar-benar enak, dan tidak mau memberi tahu apa itu, akhirnya ibunya penasaran dan datang ke rumah. 

Dan ketika saya dengar dia bilang mantap, rasa lega dan bahagiapun menyeruak di hatiku. Karena mereka bilang mantap. entah benar- benar enak atau karena gratis? hehe...tapi saya GR, karena mereka bilangnya tidak langsung di depanku.meskipun bumbunya mungkin sedikit beda dengan mie ayam pada umumnya.

Dan saya mohon maaf ya sahabat K-ners, karena sebagian bahan lainnya tidak terdokumentasikan. Selanjutnya, kita intip yuk cara pembuatannya.

  • 1/2kg mie
  • 1kg daging ayam 
  • 1kg ceker ayam
  • 3 ikat sayur sawi
  • bawang goreng 
  • 1/4kg kulit pangsit

Bumbu A (untuk kuah ayam)

  • 5 buah cabe merah
  • 1 potong lengkuas
  • 1 potong kunyit
  • 1 potong jahe
  • 3 batang serai
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt merica
  • 3 helai daun jeruk
  • kecap secukupnya
  • garam dan gula secukupnya
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • Air secukupnya
  • Tulang ayam sisa dimsum
    Dokpri
    Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun