Mohon tunggu...
Rosyida Chusdanar Nopramadani
Rosyida Chusdanar Nopramadani Mohon Tunggu... Arsitek - Mahasiswa S1 Arsitektur

Menyukai arsitektur

Selanjutnya

Tutup

Nature

Rumah Panggung, Solusi Krisis Lahan Permukiman di Kota Besar

28 November 2021   12:09 Diperbarui: 9 Desember 2021   13:03 686
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penerapan konsep rumah panggung pada rumah modern (Sumber: pinterest.com)

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Menurut sensus penduduk yang dilakukan pada tahun 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memiliki penduduk sebanyak 270,20 juta jiwa.

Dengan angka tersebut, Indonesia berada di urutan ke-4 dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Diketahui juga luas daratan Indonesia adalah sebesar 1,9 juta km2. Pulau Jawa dengan luas pulau hanya sekitar 7% dari luas daratan Indonesia menjadi tempat tinggal sekitar 145,01 juta manusia menurut hasil data SUPAS tahun 2015. Angka tersebut menjadikan Pulau Jawa sebagai pulau dengan penduduk terpadat.

Kepadatan penduduk yang tinggi menimbulkan masalah muncul di kalangan masyarakat yaitu krisis lahan permukiman. Selain itu, lahan ruang terbuka hijau juga menjadi korban yang diakibatkan oleh kepadatan penduduk. Masalah-masalah ini haruslah segera ditangani agar tidak memunculkan masalah baru.

Tempat tinggal yang layak merupakan kebutuhan penting bagi setiap manusia. Hal tersebut dikarenakan tempat tinggal yang layak memberikan dampak secara langsung dan tidak langsung bagi penghuninya. Di tempat inilah manusia tinggal, beristirahat, dan melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Pertumbuhan penduduk yang kian masif membuat angka kepadatan penduduk semakin tinggi, jumlah lahan yang berfungsi sebagai permukiman pun menjadi semakin terbatas, dan harga tanah kian naik pada setiap tahunnya.

Akibatnya, tidak sedikit masyarakat yang terpaksa untuk membangun rumahnya pada lahan yang sempit.

Permasalahan krisis lahan permukiman haruslah segera ditangani agar tidak memunculkan masalah yang lebih parah. Salah satu solusi untuk menangani masalah tersebut adalah dengan menerapkan konsep rumah panggung pada hunian masyarakat.

Sumber: pinterest.com
Sumber: pinterest.com

Rumah panggung sendiri merupakan salah satu bentuk rumah adat di Indonesia yang sangat terkenal. Rumah panggung memiliki ciri khas mencolok yang membedakan dengan rumah adat lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun