Mohon tunggu...
Rostini Komaladewi
Rostini Komaladewi Mohon Tunggu... Mahasiswi PBSI FKIP UAD

Rostini Komaladewi merupakan Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan tahun 2019. Saat ini sedang menempuh S1 pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Ia mengikuti kegiatan Himpunan Mahasiswa PBSI UAD.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Kegiatan Unik yang Biasa Dilakukan Warga Indonesia di Bulan Ramadan

23 April 2021   17:05 Diperbarui: 23 April 2021   17:15 285 29 2 Mohon Tunggu...

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat muslim diseluruh dunia, Bulan ini selalu ditunggu kedatangannya setiap tahun karena banyak hikmah, berkah, dan berbagi dibulan Ramadhan, salah satunya di Indonesia dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia. Masyarakat Indonesia banyak memiliki kegiatan unik saat bulan Ramadhan. Di berbagai daerah di Indonesia kegiatan-kegiatan unik ini menjadi tradisi turun menurun yang masih dilakukan hingga saat ini.  Tradisi unik masyarakat Indonesia di bulan Ramadhan tersebut bahkan hampir dilakukan baik di kota besar maupun pedesaan. Kebiasaan yang telah dilakukan turun menurun tersebut akhirnya berubah menjadi tradisi yang melekat di Indonesia.

Berikut Macam-macam Kegiatan unik di bulan Ramadhan

1. Ziarah ke makam keluarga
Tradisi ini biasa di kenal dengan istilah nyekar, hal ini menunjukkan betapa tinggi jiwa sosial di masyarakat Indonesia. Tidak hanya peduli dengan yang masih hidup akan tetapi juga teringat dengan sanak keluarga yang sudah meninggal. tradisi ini dilakukan dengan membersihkan makam orang tua, keluarga lalu mendoakannya.

2. Ngabuburit
Ngabuburit merupakan kegiatan menunggu  adzan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadhan. Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkrama, mencari takjil gratis, bahkan mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di taman.

3. Berbagi takjil
Ketika bulan Ramadhan banyak sekali menemui orang atau kelompok yang membagikan takjil, makanan secara gratis, baik di dalam masjid, mushola atau di jalan raya. Di riwayatkan Zaid bin Khalid Al-Juhani berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa memberi buka puasa bagi orangpuasa, maka ia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa , tanpa mngurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun” (HR. Tirmidzi)

4. Buka puasa Bersama
Kegiatan buka Bersama salah satu kegiatan yang ditunggu pada saat Ramadhan, karena bisa bersilaturahmi Bersama keluarga, sahabat, kerabat sampai teman lama. Agenda ini biasanya akan dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

5. Shalat tarawih berjamaah di masjid
Shalat tarawih merupakan sholat sunnah, namun shalat ini hanya ada di bulan suci Ramadhan. Shalawat tarawih memiliki beberapa keutamaan yaitu untuk umat muslim yang mengerjakan akan diampuni terkait dosa masalalunya, yang mengerjakan shalat tarawih berjamaah akan mendapatkan pahala setara dengan mengerjakan shalat semalam suntuk.

6. Membangunkan sahur
Orang Indonesia punya cara unik untuk membangunkan sahur di bulan Ramadhan,  ada yang membangunkan bedug sambal berteriak “sahur”, ada juga yang menyetel ayat-ayat alquran atau lagu-lagu islami menggunakan toa masjid.

7. Takbiran keliling
Umat muslim biasanya menghidupkan malam Idul Fitri dengan mengumandangkan takbir di setiap masjid atau mushala, bahkan ada yang di jalan raya. Hal itu sesuai dengan anjuran Rasululllah SAW : “Perbanyaklah membaca takbiran pada malam hari raya (idul fitri dan idul adha) karena dapat melebur dosa.”

8. Mudik
Mudik merupakan hal yang wajib di lakukan oleh Sebagian orang, terutama bagi para perantau. Hal ini dilakukan agar dapat berkumpul Bersama keluarga tercinta pada saat hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan yang sudah menjadi tradisi  ini bisa ditemui hampir semua penjuru tanah air, tradisi yang sudah ada sejak ratusan tahun ini masih terpelihara sampai sekarang.

VIDEO PILIHAN