Mohon tunggu...
Rose Marz
Rose Marz Mohon Tunggu... Tutor - Unlimited Love Edition :) Kesederhanaan dalam Kebersamaan Itu Penting Bacalah, Menulislah, Bacalah, Tuliskan, maka itu akan mengantarkan ke depan pintu-pintu gerbang kebahagiaan hidup sepanjang hayat

Terima kasih kompasiana, Terima kasih Bapak, Ibu, Abang, Kakak,, Terima kasih Teman-teman, untuk seluruh vote, support n comment :) "Love All .." Keep Writing On ;)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Air Galon Beracun

4 November 2022   10:06 Diperbarui: 4 November 2022   13:05 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jenis Plastik dan penanggulangannya. Sumber: klasikal.kompas.id

Air galon

Air galon adalah air hasil penyulingan yang dimasukkan ke dalam tabung yang warnanya rata-rata biru cerah atau navy.

Tabung air ini terbuat dari plastik polikarbonat dan mengadung bahan Bisphenol- A (BPA). Kode tabung untuk jenis ini adalah P7.

P7 termasuk ke dalam jenis tabung other (O) artinya jenis plastik kelompok tabung lain. Salah satu contoh tabung kemasan ini yang beredar digunakan di masyarakat adalah air galon isi ulang.

Biasanya air dalam kemasan galon ini jumlahnya ada sekitar 1000ml air. Lebih atau kurangnya silakan dicek lagi ya dear pembaca..

Pemakaian air isi ulang kemasan

Untuk anak kos air isi ulang kemasan galon sudah bisa menutupi kebutuhan air sehari-hari. Harga 1 galon air ulang kemasan bisa didapatkan dengan tarif 3000 rupiah- 5000 rupiah. Biasanya 1 air galon kemasan habis dalam 1 minggu atau 2 minggu, tergantung pemakaian sering atau tidak.

Namun pemakaian air galon kemasan isi ulang tidak dianjurkan lebih dari 7 hari. Jadi air isi ulang kemasan galon sudah diganti isinya paling lama jangka 4-5 hari.

Air galon beracun?

Nah ternyata oh ternyata,, belakangan masyarakat dibuat resah karena adanya bunyi pengumuman air kemasan galon isi ulang yang terbuat dari polikarbonat mengadung bahan Bisphenol -- A (BPA).

Yang notabena zat kimia BPA ini sangat buruk dan membahayakan kesehatan, ini pengumunan keluar dari badan kesehatan riset yang sudah teruji dan shahih kebenarannya, ciee..

Dilansir dari berbagai sumber BPA bisa merusak system saraf, mengakibatkan autisme, memperbesar kelenjar prostat, asma, obesitas, resistensi insulin dan lainnya.

Bagaimana BPA ini bekerja dan meracuni tubuh kita?

Zat ini akan melebur dan mengkontaminasi ke dalam makanan jika permukaannya dicuci dan digunakan kembali.

Jika tidak ada air galon isi ulang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun