Mohon tunggu...
Rosmawati
Rosmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - manusia kuat

selalu menulis dan tak lupa belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN Tematik UPI 2021: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring

28 Juli 2021   19:54 Diperbarui: 28 Juli 2021   20:06 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Corono Virus Disaseae atau yang biasa dikenal dengan Virus Covid-19 saat ini sedang dihadapi oleh seluruh dunia. Salah satunya Indonesia yang banyak mengalami dampak buruk dari virus tersebut. Segala sector mulai dari ekonomi dan pendidikan ikut dirugikan dengan adanya Virus Covid-19 ini.

Menindaklanjuti pandemi global ini, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19. Salah satu isinya yaitu kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah (BDR). Kebijakan tersebut diluncurkan guna mengurangi penyebaran Virus Covid-19 dikalangan pendidik dan pelajar.

Saat ini, Virus Covid-19 masih menjadi pembicaraan hangat dan mendominasi ruang public di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri Virus Vovid-19 menjadi focus perhatian pemerintah. Hampir semua pemerintah di daerah memutuskan untuk menghentikan pembelajaran tatap muka dan mematuhi peraturan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran dengan system daring (dalam jaringan). Banyak sekali keluh kesah yang dialami saat pembelajaran daring. Baik itu yang dirasakan oleh guru, siswa, dan orang tua.

Kesulitan anak dalam pembelajaran daring salah satunya yaitu anak sulit memahami materi yang disampaikan guru. Hal itu disebabkan karena guru tidak menggunakan media yang tepat untuk anak. 

Seharusnya guru perlu mengembangkan media pembelajaran agar pembelajaran bisa terus menarik para siswa. Melihat kondisi yang seperti itu, mahasiswa KKN UPI 2021 melakukan program penguatan pembelajaran dengan pembuatan media pembelajaran yang disesuaikan dengan anak sekolah dasar.

Media pembelajaran sendiri adalah media yang digunakan untuk membantu merangsang pikiran, perasaan, kemampuan dan perhatian siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. 

Media tersebut dapat berupa alat ataupun bahan mengajar. Disini mahasiswa KKN UPI 2021 membuat media berupa bahan pembelajaran dengan bantuan aplikasi power point dan animasi menarik.

Manfaat dari media pembelajaran tersebut yaitu membantu guru dalam menjelaskan materi kepada siswa dan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dengan disajikan konsep pembelajaran yang menaik. Agar pembuatan media pembelajaran tersebut terus berlangsung setelah mahasiswa KKN selesai, maka mahasiswa KKN UPI 2021 melatih guru dalam pembuatan media pembelajaran tersebut. Kemudian guru dapat melihat perbedaan hasil dari pembelajaran tanpa menggunakan media dan pembelajaran dengan menggunakan media.

Dengan adanya KKN UPI 2021 ini, dapat membantu guru dan siswa dalam pemahaman pembelajaran. Sehingga program yang dilakukan sangat bermanfaat dalam penguatan pembelajaran di sekolah dasar.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN