Mohon tunggu...
Intan Rosmadewi
Intan Rosmadewi Mohon Tunggu... Guru SMP - Pengajar

Pengajar, Kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain ; sesungguhnya adalah kebaikan untuk diri kita sendiri QS. Isra' ( 17 ) : 7

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Menukiklah Tukik dari Pantai Maluk Sumbawa Menuju Samudara Luas

4 Maret 2016   22:50 Diperbarui: 4 Maret 2016   23:07 159 11 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption=" Melepas Tukik Pict : Lalu Budi Karyadi"][/caption]Nyaris setiap hari tidak ada jeda untuk berleha – leha di acara Newmont Bootcamp batch – V  yang diselenggarakan mulai 14 – 22 Februari 2016 sebagaimana beberapa kegiatan di hari kelima.

Usai menuntaskan beberapa jadwal hari itu  ( Kamis 18 / 02/ 2016)  masih tersisa satu kegiatan yang perlu kami semua merasakan betapa penting setiap individu peduli dan sadar pada lingkungan dan alam sekitarnya,  demi lestari dan berlanjut hajat anak cucu kelak di masa yang akan datang.

Kami semua  melepas  tukik,   cuaca agak sedikit mendung  di pantai Maluk.  Inilah salah satu program yang menjadi kegiatan paling menyentuh rasa dan kesadaran kemanusiaan penulis sebagai seorang ibu dari banyak anak baik putera dan puteri.

[caption caption="Melepas Tukik di Pantai Maluk Pict : Lalu Budi Karyadi"]

[/caption]

Sangat terasa dan terbayang betapa seekor tukik berusia sekitaran 4 bulan memandang lautan lepas dengan pandangan nanar,  takut dan khawatir dimatanya.  Trenyuh dan terasa masih menempel pandangan mata tukik yang cemas menyambut kenyataan yang tidak pasti !

Sebelum di lepas anak penyu di beri santapan  akhir sekenyangnya agar kuat menuju laut lepas demikian penjelasan Pak Arifin dan kemudian membagikan satu ekor tukik    kepada  semua peserta Newmont Bootcamp,  untuk  segera di lepaskan.

Ketika  tukik – tukik itu enggan melaut tentu saja masing – masing dari kami memberikan spirit agar anak penyu ini segera menyambut ombak,  dan saat ombak menghapiri . . .  kami semua bersorak mengucapkan salam perpisahan,  pantai Maluk menjadi saksi lepasnya 20 ekor tukik.

Secara khusus penulis berdo’a :  “semoga kalian tabah, menjadi besar dan jika betina,  kembalilah kepantai manapun juga untuk segera bertelur”.

[caption caption="Tukikpun menukik menuju laut, pict : Iqbal Kautsar"]

[/caption]

BEBERAPA  JENIS  PENYU

Pak Arifin mengungkapkan,  sesungguhnya ada sekitar tujuh jenis penyu di dunia ini, akan tetapi yang saya tahu hanya empat, yaitu : 

-  Penyu Hijau  ( chelonia mydas )

Penyu ini hidup di semua laut baik tropis maupun sub tropis, sedangkan di katakan penyu hijau karena warna lemak terletak dibawah cangkang mereka berwarna hijau.

-  Penyu Sisik   ( Eretmochelys Imbricata )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan