Mohon tunggu...
Rosma Epana Damanik
Rosma Epana Damanik Mohon Tunggu... Guru - Guru

Keseharian saya adalah seorang guru, dan ibu rumah tangga dengan dua anak hobi saya adalah memasak

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Cara Menangani Anak Berkebutuhan Khusus

26 Oktober 2022   11:15 Diperbarui: 26 Oktober 2022   11:24 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

CARA MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Menjaga dan menangani anak adalah suatu kewajiban kita sebagai orangtua dirumah, untuk itu penting sekali kita orangtua mengetahui karakter anak kita agar kita semakin dekat dengan mereka dan hubungan batin antara orangtua dengan anak sangatlah berpengaruh untuk perkembangan karakternya.


Ciri-ciri anak berkebutuhan Khusus
Anak-anak yang masuk ke dalam kategori kebutuhan khusus ini memang memiliki perilaku yang berbeda jika dibandingkan dengan anak yang normal pada umumnya, mulai dari perilaku mental, emosi, serta fisik.karena berbeda dari umumnya, maka anak-anak berkebutuhan khusus tentu membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang lebih spesifik.


Nah berikut ini beberapa cara menangani anak-anak berkebutuhan khusus


1. Memberikan motivasi, perhatian kepada anak


Anak-anak yang berkebutuhan khusus pastinya membutuhkan motivasi, perhatian, serta bimbingan yang lebih dibandingkan dengan anak-anak yang lainnya. Dengan perhatian dan motivsi yang besar tentunya membantu anak-anak bisa berkembang menjadi lebih baik lagi tentu butuh kesabaran yang ekstra bagi orang tua yang menanganai anak yang berkebutuhan khusus namun semua ini demi perkembangangan anak kita yang lebih maksimal.


2. Adaptasi dengan anak

Adaptasi antara pengasuh, orang tua sangatlah penting apabila anak tersebut tidak nyaman dengan pengasuhnya akan bisa membuat anak menjadi tidak percaya diri, maka dari itu kita sebagai orang tua harus bisa memberikan hubungan yang erat antarapengasuh dengan anak kita.ketika proses adaptasi berjalan dengan baik tentu membuat segala proses selanjutnya akan membantu anda memahami kondisi serta potensi anak


3. Ajari anak untuk mengeksplor diri

Biasakan meluangkan waktu untuk membuat keterampilan yang dapat melatih fokus dan konsentrasi anak, memang diperlukan energi ekstra dalam merawat anak berkebutuhan khusus, namaun anda pasti bangga apabila anak kita berhasil tumbuh sebagai anak yang hebat dengan segala keterbatasan.untuk itu sering-seringlah kita meluangkan waktu bersama anak agar kita mengetahui potensi yang dimiliki anak serta bakat yang dimilikinya.


4. Tingkatkan kedekatan emosional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun