Mohon tunggu...
Rosita Anggraeni
Rosita Anggraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Laa tahzan innaallaha ma'ana

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Studi D-IV Analis Kesehatan di Unusa

14 November 2021   19:36 Diperbarui: 14 November 2021   19:39 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Saya, Rosita Anggraeni. Mahasiswi yang tengah menjalani program studi D4 Analis Kesehatan di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya ingin berbagi sedikit pengalaman kuliah yang saat ini sedang saya tempuh. Tertarik pada bidang studi saya ? Yuk, intip cerita saya tentang jurusan ini.

Apa sih yang membuat saya memilih program studi D4 Analis Kesehatan ketimbang jurusan kesehatan lainnya? Dalam beberapa artikel, termuat bahwa ketersediaan tenaga Analis Kesehatan di Indonesia masih belum tercukupi. Seorang Analis Kesehatan umumnya bekerja di laboratorium kesehatan. Dengan tugas untuk memeriksa cairan-cairan tubuh yang ada pada manusia. Jenjang pendidikan Analis Kesehatan terdiri atas Diploma Tiga dan Diploma Empat. 

Saya lebih memilih menempuh jenjang D4 karena beberapa keunggulan nya. Diantaranya, seorang ATLM lulusan D4 memiliki seluruh kemampuan dan kewenangan ATLM lulusan D3. Disertai dengan kemampuan-kemampuan lain dalam melakukan pemeriksaan khusus dan lebih kompleks serta memiliki kewenangan sebagai validator hasil pemeriksaan laboratorium yang tentu saja tidak didapatkan oleh seorang ATLM lulusan D3. Walaupun waktu yang ditempuh lebih lama satu tahun, yakni 4 tahun (8 semester).

Untuk mewujudkan cita-cita di masa depan, menurut saya UNUSA mampu secara akademik maupun fasilitas dalam menaungi kami sebagai mahasiswa yang sedang berjuang menempuh pendidikan. Materi yang disuguhkan di kelas, baik ecara online maupun offline ditengah pandemi Covid-19 ini terbilang cukup luas dan dalam. 

Belum lagi adanya praktikum serta tuntutan laporan yang harus segera dikerjakan. Memang tidak mudah kerena sistem perkuliahan merupakan hal baru untuk saya di semester satu ini. Namun, hal ini justru memacu semangat saya untuk tetap berjuang agar tidak ketinggalan dengan mahasiswa yang lain. Semua memang butuh proses yang kadang menyakitkan. Bagaimanapun kondisinya, kita harus selalu semangat!

NAMA  : ROSITA ANGGRAENI

NIM       : 2240021003

PRODI   : D-IV ANALIS KESEHATAN

INSTANSI : UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA

KETERANGAN : PENGUMPULAN TUGAS UTS BAHASA INDONESIA

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun