Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hubungan Persahabatan Sesama Penulis

22 Agustus 2023   04:23 Diperbarui: 22 Agustus 2023   04:46 366
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi 


Merupakan Motivasi Untuk Terus Menulis
Memang ada peribahasa yang mengakibatkan bahwa "Motivator terbaik adalah diri kita sendiri"  Tetapi sebagai makluk sosial kita tetap membutuhkan orang lain. Coba bayangkan bila tulisan kita tidak ada yang mau memberikan komentar. Apakah kita masih mau terus menulis?

Kita telah bersusah payah menulis,ternyata hanya dibaca sedikit sekali pembaca ,serta tidak ada yang memberi komentar .Bagaimana perasaan kita?

Pasti  akan mendegradasi semangat kita untuk terus menulis .Dan tidak termotivasi lagi untuk menayangkan ide ide kita. Karena merasa apa yang Kita lakukan hanya buang waktu secara sia sia.

Mari kita lihat kenapa tulisan kita tidak dibaca dan tidak  dikomemtari atau sedikit sekali.

Salah satu pertanyaan adalah:" Apakah kita mau menyempatkan diri mengunjungi tulisan sahabat sesama Penulis dan memberi komentar.Bila ada tentu akan dibalas kunjungan kita serta komentar pada tulisan kita. 

Menulis di blog kompasiana ini berbeda dengan menulis di buku,karena menulis buku kita hanya berhubungan dengan editor dari Penerbit dan tidak ada komentar apapun di tulisan kita. 

Menulis di blog kompasiana memang perlu hubungan baik sesama penulis yang akan membaca serta memberi komentar pada tulisan kita. Yang dikenal dengan istilah blog walking.

Kesimpulan: 

Menulis tanpa kesediaan mengunjungi tulisan sesama Penulis,akan berakibat fatal.Tidak ada beda senior atau penulis baru.

Walaupun menulis merupakan sebuah cara alami mencegah terjadinya kepikunan, tetapi tetap dibutuhkan kesediaan untuk melakukan blog walking. Tanpa hal ini betapapun piawai diri kita dalam dunia tulis menulis, tak akan mampu bertahan lama.

Terima kasih kepada semua sahabat di Kompasiana yang selalu menyempatkan untuk singgah.

22 Agustus 2023.
Salam saya,

Roselina.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun