Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ini Sebabnya Banyak Orang Merasa Kesepian

5 Juli 2022   04:32 Diperbarui: 5 Juli 2022   06:21 376 61 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pertemuan di club berbagai bangsa/dok pribadi

Apalagi bila tinggal  di Negeri Orang 

Kalau mau bergaul pilih pilih dulu siapa yang akan diajak berbicara . Apakah selevel dengan diri,sesuku atau memiliki kepentingan yang sama . dengan dirinya,maka hal ini menyebabkan dirinya tidak banyak bisa berteman .  Yang mengakibatkan orang akan selalu merasa kesepian. Apalagi kalau memiliki sikap mental yang selalu selalu berpikir tentang berbeda suku dan bangsa ,maka dia tidak bebas bergaul dengan siapa saja.Pergaulan nya menjadi terbatas dengan teman teman sesuku dan sebangsa saja. Secara tanpa sadar  akan mengurung dirinya dalam kesepian.

Apalagi bila tinggal diluar negeri

Apalagi kalau kita tinggal diluar negeri, dimana kebanyakan orang berasal dari berbagai suku bangsa didunia. Maka kita harus pandai bergaul dengan siapa saja . Hal ini saya alami sewaktu pertama ikut bergabung dalam kursus Conversation yang diadakan di Multicultural Centre Service. Disana kami setiap hari bertemu dan bergaul dengan puluhan suku bangsa di dunia . Awalnya memang terasa agak kikuk karena belum terbiasa . Tetapi setelah dijalani, sama sekali tidak ada masalah 

Bergaul dan berteman dengan siapa saja akan membuat kita selalu merasa betah . Karena berteman dengan siapa saja membuat kita tidak merasa asing dinegeri orang. Kita akan selalu bisa bergaul dengan mereka ,karena mereka juga tidak beda dengan kita.

Sebagian dari kita memilih milih siapa yang akan dijadikan teman dan bergaul dengan mereka. Hal ini membuat dia terasing dari pergaulan dan merasa sendiri.Akibatnya dia tidak beta tinggal berlama lama di negeri orang . Karena kalau mengurung  diri di rumah, siapa pula yang betah datang berkunjung? Tidak ikut kegiatan sosial dan tidak bergaul dengan berbagai bangsa di dunia menyebabkkan merasa asing di negeri orang dan selalu ingin pulang kenegeri nya kembali. 

Perlu Membuka Diri 

Agar dapat menikmati hidup damai dimanapun  berada ,salah satu prinsip yang mendasari sikap kita adalah membuka hati untuk menjalin hubungan pertemanan.  Dengan  membuka diri,maka terbuka jalan lebar bagi kita untuk memiliki banyak teman . Hal inilah yang kami aplikasikan dalam perjalanan hidup. Berbagai suku bangsa yang tinggal di Australia, semua merupakan teman kami baik Tua dan muda semua kami ajak berbincang bincang . Yang mana tidak akan membuat kita kesepian di negeri orang . Selalu ikut mengambil kesempatan ikut kegiatan sosial dan sebagainya. Bergabung dengan club club dimana mana ,selama tidak menyangkut hal hal yang dapat membahayakan diri.

Mengunjungi acara acara sosial  dan  pertemuan.Dengan membuka diri untuk bergaul tanpa membedakan asal muasal dan perbedaan status sosial,maka kita dapat menikmati hidup santai tanpa terbebani.

Kesimpulan:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan