Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Mengisi Masa Pensiun dengan Hal yang Bermanfaat

21 Januari 2022   04:28 Diperbarui: 24 Januari 2022   00:09 15935 60 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Salah satu kegiatan kami setelah pensiun dari bisnis | dok pribadi

Untuk Mencegah Mental Breakdown 

Dikala masa masa muda yang sarat kesibukan sudah berlalu,suka atau tidak  akan tiba  masa harus  pensiun. Ketika masa pensiun banyak orang tidak tahu harus berbuat apa . Menyebabkan masa pensiun menjadi momok bagi  mereka. Karena tetiba merasa dirinya tidak berarti lagi 

Ketika seseorang yang belum siap menghadapi masa pensiun akan membuat mereka  mengalami post power syndrome. Dimana mereka masih berlaku seakan akan dirinya seperti masa masih menjabat suatu jabatan tertentu. Kami kenal dengan seorang pejabat setingkat Kakanwil semasa masih di Padang. 

Setelah pensiun pindah ke Jakarta  Disini masih bergaya seperti ketika masih menjadi pejabat.  Setiap pagi keluar rumah dengan pakaian dinas lengkap. Tidak pernah berinteraksi dengan para tetangga. Ternyata baru beberapa bulan kemudian dapat kabar yang bersangkutan meninggal dunia  . 

Hal ini hanyalah sebuah contoh . Karena pensiun tidak hanya berdampak pada pejabat melainkan terjadi pada semua lapisan masyarakat  .

mengisi waktu pensiun demgan berlajar bersama dok pribadi
mengisi waktu pensiun demgan berlajar bersama dok pribadi
Dan hal ini yang membuat mereka tidak bisa menerima apa adanya. Menjadikan mereka putus asa dan dapat menyurutkan semangat hidupnya  

Sebaiknya di masa pensiun kita siap untuk mulai hidup baru. Dimasa pensiun kita mencari kesibukan untuk mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat, walaupun tidak menghasilkan uang  .

Mengisi hidup dengan kegiatan bermanfaat 

Salah satu cara  yang kami lakukan adalah  bergabung  dengan berbagai club  sosial Dimana dapat mengisi masa pensiun dengan  kegiatan yang berguna bagi kita dan sesama.

Selain itu masa pensiun  bisa diisi dengan kesibukan sendiri misalnya berkebun dihalaman rumah .Mendatangi tempat tempat rekreasi  dan sebagainya. Sesungguhnya begitu banyak yang dapat dilakukan saat menjalani masa pensiun .Sehingga menjauhkan kita dari terjerumus kedalam post power syndrome. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan