Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Merajut yang Tercecer (Seri 46)

3 November 2021   04:22 Diperbarui: 3 November 2021   04:26 154 36 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
arak arakan prosesi Maria Imaculata di Briatico dok pribadi

Maria Imaculata 

Nama Maria Imaculata ini adalah nama pelindung kota Briatico. Sebenarnya Briatico ini adalah satu kota kecil sebesar desa saja yang mana karena daerah Briatico merupakan daerah wisata maka dia diberi satus sebagai kota dengan kantor wali kotanya ada sekalian 

Warga disini sangat ramah. Kalau kita bertanya sesuatu mereka turun dari sepeda dan datang mendekat. Rasa kekeluargaan mereka tinggi. Setiap malam seluruh anggota keluarga berkumpul bersama.  Termasuk yang sudah berkeluarga. Hal yang sudah langka ditemukan dalam masyarakat kota di negeri kita. Dimana anggota keluarga begitu sibuk dengan berbagai urusan pribadi sehingga tidak ada waktu untuk berkumpul makan bersama, walaupun masih tinggal satu atap . 

Prosesi 

Pada 2 Agustus setiap tahun Briatico merayakan hari jadi nama Pelindung kota tersebit Hari Maria Imaculata. Pesta Maria Imaculata ini diadakan seluruh penduduk kota Briatico.  Mereka antusias sekali mengadakannya seluruh penduduk sudah berkumpul dihalaman gereja Maria Imaculata.

Acara Misa di gereja Maria Imaculata dok pribadi
Acara Misa di gereja Maria Imaculata dok pribadi
Kami tentu saja tidak melewatkan kesempatan berharga ini untuk mengikuti prosesi yang diadakan setelah misa dengan arak arakan keliling kota sampai tengah malam. Arak arakan ini diserahkan  dengan kembang api yang ditembakkan ke angkasa. Menambah semaraknya acara.

penduduk menunggu diluar misa untukmikut arak arakan dol pribadi
penduduk menunggu diluar misa untukmikut arak arakan dol pribadi
Ukiran patung

Patung Maria Imaculata ini terbuat dari kayu Olive yang dipahat di Firenze  yang terkenal dengan pemahat ulung. Patung ini dipahat selama 3 tahun lamanya. Menghasilkan karya seni yang amat menakjubkan. Bagian luar karya seni ini dilapisi emas.

patung ukiran Maria Imaculata dok pribadi
patung ukiran Maria Imaculata dok pribadi
Acara unik

Baru pertama kali saya dan suami  menghadiri acara  gereja yang unik seperti acara ini. Seluruh masyarakat Briatico mengikuti acara arak arakan ini mengelilingi gang gang kecil diseluruh Briatico. Jadi ingat semasa kami ikut prosesi di Lourdes, dimana sepanjang jalan orang menyanyi kan lagu Ave Maria dalam berbagai bahasa.

prosesi setelah misa dok pribadi
prosesi setelah misa dok pribadi
Dan kini prosesi ini juga diiringi oleh nyanyian rohani Ave Maria dan band angkatan laut serta angkatan lainnya. Tak ada kawalan seorang polisipun karena seluruh penghuni Briatico sudah menjadi pengawal keamanan itu sendiri. Prosesi ini diakhiri tengah malam. Kami pulang dengan perasaan yang sulit dituliskan dengan kata kata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan