Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Merajut yang Tercecer (Seri 43)

29 Oktober 2021   04:13 Diperbarui: 29 Oktober 2021   04:16 190 49 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berfoto didalam gua batu Pizzo dok pribadi

Gua Batu Pizzo

Pizzo adalah kota pelabuhan yang terletak di daerah Calabria atau  Pizzo Calabro.Pizzo ini sering disebut dengan Pizzo vibo Valentia terletak ditebing yang Curam. Berhadapan dengan Teluk Saint Euphemia.

Gua batu Pizzo dok peibadi)
Gua batu Pizzo dok peibadi)
Pizzo terkenal dengan Gua batu Pizzo dengan keasrian ukiran abad ke 16 . Gua batu ini ditemukan oleh seorang Kapten kapal dengan anak buahnya ketika kapal mereka karam ditempa badai. Untuk melindungi diri mereka mencari tempat pelindungan dan menemukan Gua batu Pizzo yang mana mereka tempati 

Pahatan dari batu dalam gua dok pribadi
Pahatan dari batu dalam gua dok pribadi
Kami berkendaraan lebih kurang satu jam dari Briatico menuju Gua Batu Pizzo. Ada lebih seratus anak tangga yang harus dituruni untuk sampai di gua. Hal ini cukup membuat kami sedikit gentar karena sudah lama kami tidak berolah raga mendaki bukit lagi. Tetapi disebabkan keinginan untuk melihat sendiri keadaan gua batu yang keasriannya di abad 16 . Dengan kemauan yang gigih kami turuni anak tangga demi anak tangga hingga sampai dipintu Gua.

anak tangga dari batu asli licin dan terjal dok pribadi
anak tangga dari batu asli licin dan terjal dok pribadi
Karcis masuk

Untuk umum kartis masuk 2,5 euro tetapi karena kami sudah senior dikenakan 1,5 euro . Menurut petugas gua batu ini dipahat oleh anak buah kapten kapal yang terkurung   Didalam gua ada mata air bening yang terus mengalir walaupun musim panas . Mata air ini digunakan untuk kelangsungan hidup mereka.Gua batu ini merupakan Gua batu karia seni abad ke 16 yang menjadi kebanggaan orang Italia 

Gua batu Pizzo dengan patung patung ukiran abad 16 dok pribadi
Gua batu Pizzo dengan patung patung ukiran abad 16 dok pribadi
Gua batu yang unik

Gua batu Pizzo ini memang unik dan memukau dengan pahatan patung patung yang keasriannya diabad 16 .Patung patung ini terbuat dari batu gunung yang asli dan merupakan patung yang memukau.Menurut penjaga bila ada torehan dan renovasi akan mengurangi keasriannya. Karena itu tidak ada torehan ataupun polesan sedangkan ada patung yang patah dibiarkan seperti  adanya.

Karya seni abad 16nyang asli dok pribadi
Karya seni abad 16nyang asli dok pribadi
Kesimpulan :

Gua Batu Pizzo ini merupakan gua batu yang unik di Italia Selatan dan sangat populer karena keasriannya seni pahat abad ke 16.

Kami bersyukur sudah diajak Sandro dan Magaretha ke Gua Batu Pizzo. Bersyukur kami bisa kembali dengan selamat mendaki lebih dari seratus anak tangga batu asli yang licin. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan