Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Menuai Apa yang Kami Tabur (Seri 111 )

21 Juni 2021   04:56 Diperbarui: 21 Juni 2021   06:54 185 47 29 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menuai Apa yang Kami Tabur (Seri 111 )
sedang bersantap disalah satu restoran Halal di Wollongong(dok pribadi)

Kalau  Diary atau catatan harian biasanya merupakan sebuah buku yang dimanfaatkan untuk mencatat setiap peristiwa hidup yang dialami, maka Diary yang saya bagikan dalam setiap artikel hanya berdasarkan kenangan yang melekat dalam ingatan . Dan seingat saya masih banyak yang belum diceritakan  semasa masih tinggal di Wollongong. 

Salah satunya adalah saat saat mengisi waktu kami dengan  jalan jalan menjelajahi  kota Wollongong dan disekitarnya Antara lain , beberapa kali  berkunjung ke mesjid Lakemba yang terletak 2 jam perjalanan dari Wollongong dengan berkendaraan.Di Lakemba banyak masakan yang halal dijual disana seperti Roti canai  dan Martabak Mesir ,rendang dan sebagainya.

Kalau dari Stasiun Central di Sydney menuju stasiun Lakemba hanya membutuhkan 30 menit saja.Begitu sampai stasiun Lakemba kalau kita keluar dari stasiun berjejer pedagang musiman di sepanjang pelataran pertokoan . Yang merupakan "surga kuliner Halal " di Australia. karena pada setiap bulan Ramadhan berbagai kaum Islam dari berbagai negara menyajikan masakan mereka di Lakemba .

Hal ini tidak mendatangkan keberatan pengusaha restoran di Haldon Street, dimana makanan musiman ini dijejerkan.

berbagai masakan halal dari berbagai negara disajikan
berbagai masakan halal dari berbagai negara disajikan
Selain di Lakemba juga dibeberapa lokasi ada masakan halal yang dipajang didepan restoran. Seperti restoran kepunyaan orang Bukittinggi di Princes Highway, Fairy Meadow 86 A. Ibu Yenny dengan suami Frans dan putri tunggal Cici mengelola restoran ini. Kami sempat diajak putri kami menikmati masakan Padang di restoran ini 

Selain itu ada juga Cafe  Halal di  Panorama -NSW .Kita bisa menikmati masakan Halal sambil menikmati Panorama yang indah . Kami sempat menikmatinya dikala mendapatkan kunjungan dari pak Rudy Geron ,seorang Kompasianer yang kebetulan orang Padang. Saat itu pak Rudy yang sesungguhnya bernama pak Benny datang bersama Abie,isteri tercinta.  Karena keduanya Islam maka kami ajak makan di restoran halal.

mencicipi masakan halah di Panorama bersama Mas Rudi geron dan Isteri(dok pribadi)
mencicipi masakan halah di Panorama bersama Mas Rudi geron dan Isteri(dok pribadi)
Sekilas Mesjid Lakemba

Sebenarnya nama mesjid ini Masjid Imam Ali Bin Abi Taleb tapi karena terletak didaerah Lakemba ,maka biasa disebut Mesjid Lakemba.Mesjid ini dikelolah oleh orang keturunan  muslim Libanon.Mesjid ini berkubah tunggal dan satu menara . Disamping Mesjid ada toko serba ada yang cukup besar dan  dikelolah oleh warga  Libanon.Berbagai kebutuhan orang muslim ada disana. Kami sempat singgah hanya tidak ada barang yang dibutuhkan maka kami hanya singgah beberapa menit.

Haldon Street macet

Karena setiap bulan Ramadhan para pengunjung yang berdatangan ke Lakemba. Hanya untuk  mencicipi masakan dari berbagai negeri belahan dunia. membuat bising dan keramaian pada jam buka puasa.Maka terjadi kemacetan di Haldon Street karena ramai dan banyaknya pencinta masakan halal ini. Sedangkan daerah lain di Australian sepi pada malam hari jadi berlawanan benar keadaannya.

Kesimpulan:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x