Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sudah Siapkah Kita Menghadapi Perubahan Gaya Hidup?

3 April 2020   04:33 Diperbarui: 3 April 2020   04:37 538 52 28 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudah Siapkah Kita Menghadapi Perubahan Gaya Hidup?
www.styleathome.com

Perlu mempersiapkan mental
Sistim lockdown yang diberlakukan di hampir seluruh dunia, tidak hanya mengubah pola hidup kita secara eksternal tapi juga menyebabkan terjadinya perubahan gaya hidup dalam kehidupan berumah tangga.

Dimulai dari kebiasan orang orang bangun pagi pagi sekitar  jam 5 pagi, baik para orang tua,maupun anak anak bergantian mandi, mengingat semua harus bersiap siap  untuk ke kantor maupun ke sekolah.  

Sebelum berangkat sarapan pagi dan bersiap siap kekentor untuk kerja. Demikian juga dengan anak anak bangun pagi pagi jam 6 pagi, mandi, makan, memakai pakaian seragam sekolah dan bersiap siap kesekolah. 

Baru ketika sore hari, seluruh anggota keluarga bertemu kembali semuanya ini sudah berlangsung sejak lama. Boleh jadi sudah sejak anak anak masih TK hingga kini mereka sudah di SMA atau bahkan mungkin ada yang sudah kuliah.

Tiba tiba semuanya berubah total
Sejak terjadi wabah virus corona dan berbagai aturan diterapkan di seluruh dunia, tiba tiba saja pola hidup yang sudah berlangsung sejak dulu berubah total. 

Sekarang semua harus tinggal di rumah, tidak boleh ke mana mana dengan sendirinya pola hidup berubah. Tidak harus lagi bangun pagi, sehingga menyebabkanbangun jadi lebih siang,sarapan tidak lagi bareng,karena siapa yang lapar makan duluan dan yang bangun kesiangan ya salah sendiri.

Tidak perlu lagi berpakaian seragam sekolah dan orang tua juga bebas mengenakan pakaian suka sukanya. Mungkin memakai celana pendek, kaus oblong dan ibu ibu masih mengenakan daster yang dibawa tidur. Pokoknya semuanya bebas walaupun ada yang namanya Work From Home dan Learn from home.

Hal ini belum tentu berlaku selama 14 hari mungkin saja lebih seperti di NSW sudah diumumkan lockdown selama 90 hari jadi kebiasaan ini akan berlanjut kira kira 3 bulan.

Tiga bulan dengan kebiasaan akan melekat pada diri kita sehingga sampai waktunya harus kembali seperti semula maka kita akan merasa sulit melakukan lagi seperti dulu bangun pagi jam 5 dan siap siap mandi, makan dan ke kantor.

Hal yang dulunya sudah menjadi kebiasaan bagi seisi rumah, tiba tiba saja ketika kondisi sudah aman dan harus kembali ke kondisi normal, kita akan merasa kikuk menghadapinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN