Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pengalaman Paling Berkesan Sewaktu Saya Jadi Guru

8 Juli 2019   07:12 Diperbarui: 8 Juli 2019   07:32 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumen : berlajarbersamapgsd.bl

                                                                                                       

Dulu waktu lulus SMA tahun 1964 saya bekerja di Perusahaan Swasta sebagai karyawan  tetap selama hampir satu tahun. Kemudian tahun 1965 saya menikah dan pindah ke Medan. Sempat bekerja di PT Pikani sebuah pabrik karet di pinggiran Kota Medan. Tapi kemudian karena kehidupan kami tidak mengalami perubahan seperti yang diharapkan, maka akhirnya  kami kembali ke Padang.

Untuk membiayai hidup kami, di samping suami berjualan kelapa saya memberikan private less khusus Ilmu Ukur dan Aljabar, karena saya lulusan dari jurusan B atau ilmu pasti.

Kesempatan Untuk Melanjutkan Studi

Padang tahun 1969 Pemerintah memberi kesempatan bagi para guru dan tamatan SMA  atau SPG boleh melanjutkan kuliah di IKIP untuk mendapatkan Ijazah sebagai guru.

Mendengar kesempatan ini saya minta izin suami agar diperkenankan ikut jurusan Exacta  di IKIP yang lokasinya di Air Tawar Padang. Pada waktu itu Rektor IKIP adalah Prof. DR. Isrin Nurdin. Saya diterima tanpa halangan dan sejak itu menjadi mahasiswa IKIP. Selama kuliah saya juga mengajar di SM Pembangunan.

Setelah saya menyelesaikan kuliah 2,5 tahun jaitu dibulan Januari 1972 saya mendapatkan Ijazah B.A.  Atau Sarjana Muda pendidikan guru jurusan Exacta. 

Pada waktu itu,di Sumatera Barat belum ada kelanjutan untuk pendidikan setelah lulus Sarjana Muda. Maka  selesai dari IKIP saya langsung  melamar di SMP Murni  dan langsung diterima  Kemudian saya mengajar lagi di Yos Sudarso 1976  sampai 1979 dan SMP Kalam Kudus tahun 1980 sampai 1986. Jadi resmi saya mengajar di sekolah selama 16 tahun 

Selalu Menjaga Disiplin

Sewaktu mengajar saya selalu mendidik anak anak agar  disiplin diri dengan patuh pada aturan. Kalau ada yang tidak mengerti, boleh tanya dan saya akan menjelaskan hingga mereka benar benar paham. 

Tapi ketika ada ulangan,maka saya sama sekali tidak memberikan kesempatan bagi mereka untuk melihat kiri kanan.Bila ketahuan ada yang menyontek, maka kertas ulangannya saya ambil dan mendapatkan angka nol. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun