Teknologi

Creating a Global Communication Infrastructure

16 Oktober 2018   14:57 Diperbarui: 16 Oktober 2018   17:44 186 0 0

Creating a Global Communication Infrastructure

Berbicara tentang Infrastruktur mungkin sudah sangat dikenali oleh telinga kita, yaitu adalah hal yang biasa menunjang atau membantu kita dalam berkegiatan. Yang sering kita jumpai ataupun kita liat adalah Infrastruktur umum seperti fasilitas umum, trotoar, halte, tiang listrik, jalan aspal, dan lain lain. Menurut para ahli Infrastruktur adalah sistem yang menopang sistem sosial & sistem ekonomi yang sekaligus menjadi penghubung dengan sistem lingkungan, dimana sistem ini dapat dipakai sebagai dasar di dalam mengambil kebijakan. (Kodoatie : 2005).

Namun yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah bagaimana perkemangan atau keadaan Infrastruktur di bidang komunikasi. Yang kita tahu dalam bidang komunikasi ini untuk menyampaikan sebuah informasi harus butuh media atau alat. Alat atau media ini disebut Infrastruktur dalam komunikasi yang mendukung terjadinya komunikasi agar berjalan lancar. Namun perlu di ketahui Infrastruktur itu tidak hanya berupa fisik namun bisa juga berupa non fisik dan lunak.

Jenis-jenis Infrastruktur ada 3 :

Infrastruktur Keras (Physical Hard Infrastructure)

Infrastruktur keras merupakan infrastruktur yang memiliki bentuk fisik yang nyata dan kegunaannya memang berasal dari bentuk fisik yang dimilikinya tersebut. Infrastruktur keras merupakan infrastruktur yang paling banyak berkaitan dengan kepentingan umum masyarakat. Kebanyakan masyarakat juga mengartikan kata infrastruktur sebagai infrastruktur keras. Beberapa contoh infrastruktur keras yaitu bandara, kereta api, pelabuhan, dermaga, saluran irigasi, got, bendungan, jalan raya, dan lain -- lain.

Infrastruktur Keras Non -- Fisik (Non -- Physical Hard Infratructure)

Infrastruktur keras non fisik merupakan infrastruktur keras yang tidak memiliki bentuk fisik yang nyata/jelas akan tetapi berguna dan mendukung keberadaan infrastuktur keras lainnya. Infrastruktur keras non fisik sangat berkaitan erat dengan permasalahan kepuasan publik. Infrastruktur keras non fisik biasanya hanya bisa dirasakan kegunaannya ketika digabungkan ataupun digunakan bersama-sama dengan infrastruktur lainnya seperti infrastruktur keras ataupun infrastruktur lunak. Beberapa contoh infrastruktur keras non fisik yaitu pasokan listrik, ketersediaan air bersih, jaringan pipa penyalur, jaringan komunikasi seperti internet dan telepon, ketersediaan saluran gas, pasokan energi, dan lain -- lain.

Infrastruktur Lunak (Soft Infrastructure)

Pengertian infrastruktur lunak adalah infrastruktur yang berbentuk kelembagaan ataupun kerangka institusional. Infrasturktur lunak pada dasarnya harus dibangun dengan memperhatikan berbagai macam nilai dan norma seperti nilai budaya, norma agama, norma asusila, norma hukum dan berbagai nilai dan norma lainnya. Infrastruktur lunak biasanya berkaitan erat dengan aktivitas pelayanan masyarakat yang disediakan oleh pemerintah. Beberapa contoh infrastruktur lunak yaitu pelayanan kantor pos, pelayanan polisi, pelayanan pembuatan surat ijin mengemudi, pelayanan kantor kecamatan/kelurahan, dan berbagai infrastruktur lunak lainnya.

Itulah pengertian infrastuktur dan beberapa jenis infrastuktur yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Key Players IThe Global Satellite Industry

Teknologi digital, dengan satelit modern mengalami hampir 500 kali lipat

peningkatan kapasitas di atas pesawat ruang angkasa tahun 1960-an, deregulasi yang disponsori WTO dan privatisasi cepat organisasi telekomunikasi nasional, telah

mempercepat arus informasi melintasi perbatasan nasional. Ini mempunyai

menghasilkan industri telekomunikasi global yang berkembang dipimpin oleh komer-operator komunikasi satelit dan kabel internasional, menawarkan jangkauan layanan yang lebih luas dengan harga lebih rendah. Perusahaan AS dan konsorsium eropa yang dipimpin Prancis memimpin dunia pasar untuk pembuatan satelit geostasioner.

Sumber : http://pengertiandefinisi.com/pengertian-infrastruktur-dan-beberapa-jenisnya/

International Communication - Daya Kishan Thussu