Mohon tunggu...
Maria Rosaly Rafa
Maria Rosaly Rafa Mohon Tunggu... Mahasiswi

Untuk mengejar cita-cita dan impian diperlukan pengorbanan untuk membuat tugas

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Wajib! Cobain 4 Makanan Khas Palembang, yakin Bikin Nagih.

5 November 2019   14:42 Diperbarui: 5 November 2019   15:10 0 3 2 Mohon Tunggu...
Wajib! Cobain 4 Makanan Khas Palembang, yakin Bikin Nagih.
Beberapa Makanan Khas Palembang

Makanan khas daerah menjadi salah satu menu yang sering dicari oleh wisatawan saat datang ke daerah tertentu tak terkecuali kota Palembang. Di dominasi oleh rasa gurih dan berbahan dasar ikan, cocok menjadi kuliner bagi kalian pecinta olahan  ikan. 

Terletak di provinsi sumatera bagian Selatan, kota Palembang memiliki beragam jenis olahan dan varian makanan yang terbuat dari barmacam-macam rempah, menjadikan makanan daerah yang memiliki slogan Khas "Wong Kito Galo" sebagai kuliner Nusantara yang diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke kota satu ini. Apalagi jika kalian penikmat olahan ikan, karena memiliki akses yang mudah ke perairan melalui sungai musi, maka komoditas yang paling banyak di jual di pasaran adalah ikan, sehingga makanan khas kota satu ini rata-rata berbahsan dasar ikan.  Berikut 4 makanan yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Palembang.

1. Pempek

Sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota Palembang, pastinya kalian sudah akrab dengan makanan satu ini. Pempek sudah terkenal dan banyak diketahui oleh orang tak terkecuali mereka yang berasal dari luar kota, bahkan terdapat banyak gerai dan warung yang menjual olahan ikan satu ini sampai luar kota Palembang hingga luar pulau Sumatera. Pempek memiliki rasa gurih dan dilengkapi dengan kuah yang diberi nama cuka yang memiliki rasa pedas, manis dan sedikit asam. Pempek memiliki 2 cara penyajian yaitu digoreng dan dibakar, pempek yang penyajiannya dengan cara dibakar dinamkan "Pempek Panggang" dan hanya terdapat 1 variasi saja berbeda dengan pempek yang penyajiannya digoreng variasinya akan lebih banyak. Nah tinggal kalian sesuaikan dengan selera kalian mau yang digoreng atau dibakar. 

Pempek
Pempek

2. Tekwan 

Makanan ini juga terbuat dari bahan dasar daging ikan dan campuran tepung sagu, disajikan dengan kuah yang terbuat dari kaldu udang, bawang putih, ebi, dan bunga sedap malam kering menjadi ciri khas dari makanan satu ini. Sebagai pelengkap, biasanya tekwan juga dicampur denagn bihun putih dan jamur kuping. 

Tekwan
Tekwan

3. Model

Jika tekwan berbentuk kecil-kecil, beda halnya dengan Model yang bentuk lebih besar seperti bola kasti dan didalamnya terdapat tahu putih sebagai isian model, cara penyajiannya juga sama seperti tekwan hanya saja jika ingin menyantap model kalian harus memotong-motong dulu ya. Model juga dapat divariasikan dengan Indomie goreng sebagai pengganti bihun putih dan untuk rasa tentunya juga tidak kalah enak. Model mie cocok buat kalian yang suka makan mie instan nih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2