Mohon tunggu...
Rori Idrus
Rori Idrus Mohon Tunggu... Pemulung Hikmah

Pemulung hikmah yang berserakan untuk dipungut, dirangkai menjadi sebuah tulisan dan pelajaran kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Corona Melanda, Jangan Sampai Usaha Ikut Merana

3 April 2020   17:20 Diperbarui: 3 April 2020   17:41 43 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Corona Melanda, Jangan Sampai Usaha Ikut Merana
(Dokumentasi Pribadi)

Dampak ekonomi dari pandemi virus Corona atau Covid-19 kini sudah semakin terasa, terutama dirasakan sektor informal, para pelaku usaha kecil kini sudah sangat merasakan dampaknya.

Padagang pasar, warung kecil, penjaja makanan di sekolah-sekolah termasuk pondok pesantren kini sedang dihadapkan pada situasi sulit karena usaha mereka sudah sepi bahkan tanpa pembeli.

Mereka kini dihadapkan dalam situasi sulit, mereka sudah sangat merasakan dampak dari virus Corona ini, tetapi keadaan sesulit apapun mereka harus terus bertahan, anak dan istri harus tetap bisa makan.

Ketika dihadapkan pada situasi sulit, apalagi berhubungan dengan isi perut, maka mereka mendapat dorongan untuk melakukan terobosan, harus melakukan siasat supaya usaha bisa terus jalan.

Di sinilah kreativitas dituntut, disinilah tantangan sebenarnya dari para pelaku usaha kecil.

Pengalaman saya pribadi, sebagai pelaku usaha makanan atau katering untuk acara-acara yang diikuti oleh orang banyak seperti resepsi pernikahan, seminar, workshop, rapat sekolah, tasyakuran sebuah acara keagamaan, dan acara-acara lainnya, sudah sebulan ini tidak mendapat orderan.

Bagi saya pribadi, keadaan ini masih bisa dibantu oleh pekerjaan saya yang kebetulan di sektor formal sebagai tenaga pengajar di salah satu sekolah swasta di Brebes Jawa Tengah, usaha katering makanan adalah usaha milik istri saya.

Tetapi, demi menjaga agar usaha istri saya bisa terus jalan dan ada penghasilan setiap harinya untuk menopang gaji saya dari sekolah, maka saya mengubah pola layanan usaha yang tadinya hanya melayani acara-acara saja.

Kini saya modifikasi menjadi usaha makanan yang menyajikan menu harian, mulai dari lauk pauk, makanan cemilan dengan layanan pesan antar dan free ongkir bagi warga sekitar, dan layanan antar untuk area agak jauh saya gunakan ojek online.

Ini sekaligus ikut serta membantu para driver ojek online agara mereka masih bisa terus mendapatkan penghasilan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN