Mohon tunggu...
Rori Idrus
Rori Idrus Mohon Tunggu... Pemulung Hikmah

Pemulung hikmah yang berserakan untuk dipungut, dirangkai menjadi sebuah tulisan dan pelajaran kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Aksi Nyata Dokter Tirta

30 Maret 2020   10:14 Diperbarui: 30 Maret 2020   13:20 338 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aksi Nyata Dokter Tirta
(dr. Tirta/Foto: Dok. Instagram @dr.tirta)

Sejak munculnya pandemi corona atau Covid-19 di Indonesia awal maret lalu, Nama Tirta Mandira Hudhi atau biasa disapa dr. Tirta menjadi viral.

Dr. Tirta merupakan seorang pebisnis dan influencer relawan, dirinya menjadi viral karena aksi nyata nya berperan sebagai relawan ikut membantu teman-teman dokter dan tenaga medis menangani pasien Covid-19.

Melihat tenaga medis kekurangan Alat Pelindung Diri (APD), hingga beberapa gugur dalam bertugas membuatnya lantang bersuara. Dia maju ke garis depan berkeliling rumah sakit di jakarta untuk memastikan ketersediaan APD untuk rekan-rekannya sesama medis.

Selain aksi nyata-nya membantu tenaga medis yang mulai kewalahan menangani pasien Covid-19, sebagai seorang influencer dia juga banyak memberikan edukasi kepada masyarakat melalui media sosial.

Gaya bahasanya yang khas membuat materi-materi edukasi yang disampaikan kepada masyarakat mudah diterima terutama dikalangan milenial.

Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (30/3/2020), berikut aksi nyata dr. Tirta ditengah wabah Corona di Indonesia.

1. Keliling ke RS yang ada di Jakarta untuk memastikan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis.

2. Bersama dengan Dompet Dhuafa dan Kita Bisa membuat disinfektan chamber atau ruang penyemprotan disinfektan di seluruh Jakarta sejumlah 1.000 titik.

3. Bersama dengan relawan BNPB, dr. Tirta juga melakukan gerakan penyemprotan disinfektan ke masjid-masjid, gereja dan angkot di Jakarta.

4. Edukasi cuci tangan menggunakan sabun kepada warga Jakarta dibantu oleh Polda Metro Jaya.

5. Menggalang dana untuk pembelian masker dengan harga reseller senilai Rp.450 juta, bahkan separuhnya menggunakan uang pribadi. Masker tersebut dibagikan secara gratis untuk teman-teman tenaga medis diantaranya di RS Sarjito, RS Bethesda di Jogjakarta, RS di Depok, Jambi dan RS lainnya.

6. Gerakan memberikan makanan untuk para tenaga medis, bersama Fakultas Kedokteran UI membuat gerakan "Nutrisi Garda Terdepan" dengan menyediakan makanan bernutrisi yang dibagikan ke 4 RS rujukan utama Covid-19 di Jakarta salah satunya RSPI Persahabatan. Kedua bersama dengan Dewan Masjid indonesia (DMI) dengan membagikan 1.000 madu dan 1.000 telor rebus.

7. Mengajak para influencer lainnya berbuat untuk Bangsa terutama kepada influencer Youtuber dengan penghasilan milyaran untuk melakukan sharing is caring atau yang kaya membantu yang miskin.

Banyak yang penasaran dengan sosok dr. Tirta. Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (30/3/2020), pria yang dikenal sebagai dr. Tirta atau Cipeng itu lahir di Surakarta, 30 Juli 1991.

Dia tumbuh besar di Surakarta, Jawa Tengah, lalu menempuh pendidikan tinggi di bidang kedokteran Universitas Gadjah Mada tahun 2009. Pria ini lulus tahun 2013 dan bekerja sebagai dokter IGD di RS UGM dan Puskesmas Turi.

Sembari menjalani profesi di bidang kedokteran, dr. Tirta juga membuka bisnis Shoes and Care, jasa perawatan dan cuci sepatu premium. Namun tahun 2018 dia menderita bronkitis kronis dan memutuskan rehat dari bekerja di rumah sakit.

Semoga aksi nyata yang dilakukan oleh dr. Tirta menjadi inspirasi generasi milenial lainnya untuk sekecil apapun berbuat yang kita bisa dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Selain namamu, yang membekas di hati orang lain adalah kebaikanmu"
(Anonim)

Rori Idrus
1. Guru di SMK 2 Pondok Pesantren Al Hikmah 1 Benda Sirampog Brebes Jawa Tengah.
2. Pengurus FMPP (Forum Masyarakat Peduli Pendidikan) Kecamatan Sirampog
3. KBC 57 Brebes Jawa Tengah

VIDEO PILIHAN