Mohon tunggu...
Surobledhek
Surobledhek Mohon Tunggu... Guru - Cukup ini saja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Memberi tak harap kembali

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Sebelum Iblis Mengganti Bola Matanya

29 Februari 2020   17:32 Diperbarui: 29 Februari 2020   19:14 400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kliping Sastra Membunuh Iblis pada Malam Tahun Baru | Kliping Sastra Indonesia ...

Dari bola mata semua dusta bicara. Dari bola mata kejahatan jadi pesona.

"Keluarkan bola matamu, kau akan selamat."

Aku tak habis pikir. Mengapa bola mata disebut pemantik segala dusta. Dari bola mata semua kejahatan bermula. Sementara yang mengatakan itu adalah orang yang buta sejak lahirnya.

"Aku tak punya mata, namun aku punya telinga. Aku mendengar bisik-bisik sebuah kejahatan mulai direncanakan. Aku ikut dalam konspirasi penyebab kenatian."

Sebuah pengakuan mengejutkan.

"Kau telah melakukan apa?" kataku.

Dia hanya diam. Kebiasaan penjahat menghindari saling tatap mata. Aku yakin pasti ada dusta. Tapi bagaimana bisa? Ia buta sejak lahirnya. Dari mana dia tahu kalau berdusta harus menghindari saling tatap?

Dan benar-benar terjadi. Beberapa kali kejahatannya diketahui. Beruntungnya bukan polisi. Coba saja jika aparat keamanan menemukan. Tak ada celah untuknya selamat dari jeratan kejahatan.

"Benar, Bang. Aku tak berbuat apa-apa. Aku hanya mengikuti naluriku," katanya.

Aku tetap tak percaya atas pengakuannya. Gerak geriknya sulit ditebak. Seperti seorang yang buta, aku urai perlahan kejadian yang telah menimpanya.

Keluarga mengurungnya dalam sebuah pondok di belakang rumah. "Dia akan melakukan kejahatan, makanya kami kurung. Tenang saja. Jika diberi makan. Dia tak akan mati," kata ayahnya suatu ketika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun