Mohon tunggu...
Ropingi Surobledhek
Ropingi Surobledhek Mohon Tunggu... Belajar hidup

Cukup ini saja

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Awas! WA Dirazia, Gunakan Aplikasi Lainnya Saja

1 Agustus 2019   21:53 Diperbarui: 2 Agustus 2019   08:06 0 15 8 Mohon Tunggu...
Awas! WA Dirazia, Gunakan Aplikasi Lainnya Saja
sosialshare.com

Polri menegaskan akan menggalakkan patroli siber terkait maraknya hoax atau berita bohong, juga ujaran kebencian. Siapa saja yang terbukti menyebar hoax dan ujaran kebencian, bisa dijerat pidana. Detiknews.com, (Rabu 19 Juni 2019, 12:44 WIB)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menjelaskan, patroli ini tidak hanya dilakukan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, namun juga Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pemakai aplikasi WA harus hati-hati, semua obrolan akan direkam dan dianalisa. Seluruh obrolan penggunanya. WAG (Whatsapp Grup) apalagi, pasti grup-grup akan sepi.

Betapa tidak. Kebiasaan ngerumpi pasti tidak seru lagi. Hanya ingin diskusi sesama komunitas tentang kekurangan yang sedang terjadi pada pemerintahan negeri ini, tidak akan bebas lagi.

Bercerita tentang lemahnya kurikulum 13 pasti tak akan berkembang baik ketika mau menyebutkan Menteri Pendidikan begini begitu. Harusnya begini begitu mampet. Takut terjerat pasal pencemaran nama baik, hoaks, dan lain-lain.

Atau jika ingin menganalisa sistem pemerintahan dan kelemahan-kelemahan yang ada pasti tak akan ada yang berani bersuara. Pendapat yang seharusnya menjadi perdebatan sengit stop di depan pintu. Tak ada yang berani masuk.

Terus apa yang harus dilakukan jika WA sedang dirazia? Gampang. Banyak aplikasi sejenis. Pindah rombongan saja ke aplikasi lain yang masih bebas razia. Apa itu? Beberapa di antaranya yang bisa dicoba adalah telegram, kaizala, imo, line dan lain-lain.

Jika untuk berdiskusi dan tukar pendapat tentang kritik terhadap pemerintah sudah dihantui rasa takut terjerat pasal pelanggaran IT, lalu apa yang tersisa? Memendam dalam dada. Akhirnya dongkol, lama-lama akan jadi daging mengeras dalam dada. Orang kedokteran akan mengatakan itu tumor atau kanker. Bahaya.

Kebebasan berpendapat, apakah hanya jadi slogan saja. Harusnya tidak. Demi kebaikan bersama. Demi kemajuan bangsa. Jika tidak menggangu kepentingan umum dan meresahkan, seharusnya diberikan toleransi.

Di samping itu, jika WA dirazia. Bagi pasangan kekasih yang lagi berjauhan. Suami istri yang pisah tempat tugas. Ketika mereka akan memadu kasih lewat obloran dan adegan mesra, akan berpikir seribu laki untuk melakukannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2