Mohon tunggu...
Roni Sahroni
Roni Sahroni Mohon Tunggu... Wiraswasta - New Challenge

Enjoy life

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Mencampur Umpan dengan Essen, Bikin Cepat Strike?

19 September 2021   20:07 Diperbarui: 19 September 2021   20:19 1474 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber : gostrikeofficial.com

Umpan merupakan salah satu hal penting yang harus disiapkan dengan baik saat memancing. Saat umpan disambar ikan ada kesenangan sendiri yang kita rasakan. Jika ingin merasakan umpan disambar oleh ikan, maka persiapan yang dilakukan juga harus baik dan maksimal. Menentukan umpan yang tepat bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk menentukan umpan yang tepat, mulai dari target ikan, cuaca, spot mancing atau kondisi airnya. Ada tips agar umpan lebih berkualitas dan mudah disambar ikan, yaitu menambahkan essen ke dalam umpan yang akan digunakan.

Essen merupakan cairan aroma makanan yang berfungsi untuk menguatkan aroma umpan atau pelet. Essen umum digunakan pada adonan umpan untuk lomba-lomba mancing di kolam-kolam pemancingan galatama, harian dan kiloan. Selain itu, essen juga bisa digunakan untuk campuran umpan saat memancing liar seperti di sungai, waduk, danau dan spot liaran lainnya. Umpan yang ditambahkan essen setelah masuk ke air akan tercium oleh ikan, kemudian ikan akan mencari lalu memakannya. Umpan yang aromanya tepat akan dikejar oleh ikan, namun belum tentu ikan mau menelannya. Rasa dan tekstur umpan juga mempengaruhi kesuksesan umpan ditelan ikan. Oleh karena itu, sebelum memilih essen, pemancing harus menentukan terlebih dahulu aroma apa yang akan dipakai.

Pemakaian essen biasa digunakan dalam takaran tetes, jika penggunaannya terlalu banyak justru akan membuat ikan menjadi terganggu dan menjauhi umpan. Beberapa jenis essen dibagi berdasarkan aromanya, ada vanilla, udang, tuna, tenggiri, hingga aroma aneka buah-buahan seperti strawberry, sirsak, melon, keju dan lain-lain. Diperlukan pengalaman serta beberapa kali percobaan oleh pemancing yang ingin meracik umpan sendiri menggunakan essen agar sesuai dengan target ikan. Pemancing harus memahami selera makan ikan dari berbagai faktor, antara lain suhu air, kadar kejernihan air, perubahan cuaca dan aliran air. Dibandingkan aroma essen yang ada, essen dengan aroma amis lebih dominan disukai ikan, sehingga banyak pemancing yang menggunakan essen dengan aroma amis sebagai andalan umpannya.

Walaupun essen amis ini membantu umpan dimakan lebih cepat, namun cara pemakaiannya dan takarannya benar-benar harus diperhatikan dengan baik dan benar.  Misalnya untuk cuaca panas, takaran bisa agak diperbanyak. Sementara untuk musim penghujan, takaran dikurangi dari pemakaian biasanya. Jika sudah mengetahui ciri khas essen yang digunakan, seorang pemancing tidak perlu lagi kesulitan menyediakan umpan. Jenis umpan apapun bisa digunakan asalkan essennya pas. Namun tetap saja pemancing harus tetap menyesuaikan takaran essen dengan media umpan yang digunakan serta jumlah takaran umpannya.

Essen amis yang seringkali digunakan oleh para pemancing, salah satunya esen go strike ini. Essen ini memiliki aroma amis yang sangat kuat sehingga bisa membantu umpan dimakan lebih cepat oleh ikan. Esen Go Strike bisa digunakan untuk semua ikan dan disemua media umpan. Asalkan pemakaiannya disesuaikan dengan kondisi air, cuaca, target ikan dan umpan yang digunakan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan