Ronald Wan
Ronald Wan Trader and Freelancer

@Pseudonym. Love to read, Try to Write

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi highlight

Kabar Baik, Indonesia Mendapat Peringkat Investment Grade dari Standard and Poor's

20 Mei 2017   08:27 Diperbarui: 20 Mei 2017   09:17 291 19 10
Kabar Baik, Indonesia Mendapat Peringkat Investment Grade dari Standard and Poor's
Ilustrasi (https://www.creative-trader.com)

Jumat 19 Mei 2017, Indonesia mendapatkan sebuah kabar baik. Standard and Poor's (S&P) Global Rating telah memberikan peringkat investment grade untuk Indonesia. Peringkat investment grade atau layak investasi diberikan, menyusul pemberian peringkat ini oleh dua pemeringkat  global lain yaitu Fitch pada Desember  2011 dan Moody's pada Januari 2012.

S&P memberikan peringkat layak investasi karena menilai sekarang ini APBN Indonesia sudah lebih realistik. Keberhasilan Indonesia menjalankan Tax Amnesty juga merupakan salah satu alasan dalam pemberian peringkat ini.

Dengan adanya peringkat layak investasi oleh S&P adalah berarti semua lembaga pemeringkat global  yang dianggap bonafid yaitu S&P, Fitch dan Moody's, telah sepakat bahwa Indonesia adalah negara yang layak dipertimbangkan sebagai tempat  berinvestasi.

Menurut Goldman Sachs pada laporannya bulan Maret 2017, jika S&P memberikan peringkat layak investasi maka akan ada tambahan investasi ke Indonesia sekitar USD 5 Miliar.

Sumber XE.com
Sumber XE.com

Indeks Bursa Efek Indonesia langsung melonjak ke level 5791 setelah muncul berita tentang pemberian peringkat layak investasi bagi Indonesia. Kurs Rupiah terhadap USD yang sempat tertekan dalam beberapa hari sebelumnya juga langsung membaik ke level Rp. 13.331 per USD mengutip XE.COM.

Keuntungan bagi Indonesia adalah investor asing akan lebih memperhitungkan Indonesia sebagai tempat investasi. Baik secara portfolio yaitu dengan menanamkan modal di bursa saham dan membeli obligasi pemerintah dan lainnya. Maupun melakukan Foreign Direct Investment yaitu menanamkan modal di sektor riil, bisa dengan mendirikan perusahaan, pabrik dan lainnya.

Keuntungan kedua adalah suku bunga utang bisa menurun, artinya jika pemerintah Indonesia ingin menerbitkan surat utang bunga yang ditawarkan bisa lebih rendah. Jika dibandingkan dengan surat utang yang sebelumnya.

Tantangan ekonomi Indonesia belumlah selesai dengan pemberian peringkat layak investasi. Menurut pendapat saya ada beberapa tantangan dalam mempertahankan atau meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Suhu Politik, mulai tahun 2016 Indonesia cenderung panas. Adanya demo berjilid-jild dan beberapa aksi lainnya membuat masyarakat khawatir dengan keamanan Indonesia. Hal ini menyebabkan pengurangan tingkat pembelanjaan terutama untuk barang yang bernilai tinggi seperti mobil dan properti. Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia kurang lebih sekitar 50% nya dihasilkan oleh belanja domestik. Berkurangnya minat orang berbelanja mengakibatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia agak tersendat.  

Bagi investor suhu politik yang panas merupakan tanda ketidakpastian. Investor akan menahan investasinya selama ketidakpastian tinggi dan sebaliknya akan meningkatkan investasi kalau melihat kepastian di masa depan.

 Harga Komoditas, sampai saat ini belum menunjukkan kestabilan peningkatan cenderung stagnan. Hal ini menyebabkan ekspor Indonesia juga stagnan. Belum lagi adanya usaha mempersulit ekspor Indonesia ke negara lain, seperti kasus minyak sawit di Eropa

Potensi kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS), bank sentral AS sudah mulai melihat bahwa saat ini,  ekonomi AS sudah mulai pulih untuk itu mereka akan menaikkan suku bunga ke tingkat suku bunga normal sebelum krisis ekonomi 2008. Yaitu pada kisaran 2 %. Kenaikan suku bunga bisa menyebabkan investor portfolio mengalihkan uangnya kembali ke AS

Donald Trump, sebagai presiden AS yang merupakan negara dengan nilai ekonomi  terbesar di dunia. Akhir-akhir ini ada beberapa tindakan Trump yang menurut saya bisa mempengaruhi ekonomi dunia ke arah yang buruk. Penembakan rudal ke Suriah dan ancaman ke Korea Utara adalah beberapa tindakan yang menurut saya cukup mengkhawatirkan.

Terakhir adalah pemecatan direktur FBI, James Comey. Tindakan ini menimbulkan  adanya wacana pemakzulan baik oleh Partai  Demokrat maupun Partai Republik (partai Donald Trump). Mengutip Reuters saat ini tingkat kepercayaan publik juga telah mencapai titik terendahnya semenjak pelantikan presiden.

Jika terjadi sesuatu dengan ekonomi AS, maka ekonomi dunia bisa terganggu.

Sumber bacaan  1  2

Selamat kepada Indonesia yang telah memperoleh peringkat layak investasi dari tiga lembaga pemeringkat global.

Semoga dengan peringkat layak investasi pembangunan Indonesia bisa berjalan lebih lancar dan semakin banyak investasi yang masuk.



Salam

Hanya sekedar berbagi