Ronald Wan
Ronald Wan Freelancer

@Pseudonym | Love to Read | Try to Write | Twitter @ronaldwan88 | Diarysaham.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Mungkinkah Utopia Bumi seperti di "Star Trek" Bisa Terwujud?

19 April 2019   05:30 Diperbarui: 19 April 2019   15:05 294 32 8
Mungkinkah Utopia Bumi seperti di "Star Trek" Bisa Terwujud?
Pixabay.com

Bumi di Star Trek digambarkan bahwa dunia sudah makmur, tidak ada lagi kemiskinan, tidak ada lagi kelaparan. Semua ini terjadi setelah bumi mengalami perang dunia ketiga yang melibatkan senjata nuklir. Mungkinkah utopia bumi seperti di Star Trek bisa terwujud?

Bekerja Sama dengan Tulus
Sekarang ini walaupun tidak terjadi perang besar, antarnegara tetap saling bersaing dan berusaha untuk mengalahkan negara lainnya. Kerja sama tetap terjadi namun tidak tulus, semua berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibanding yang lain.

Salah satu sebab kegagalan Palestina dalam mewujudkan kemerdekaan mereka adalah terbelahnya Palestina ke dalam banyak faksi. Faksi Hamas dan Fatah contohnya sudah ribut kalau tidak dikatakan berperang sendiri sejak tahun 2007.

Indonesia juga mungkin akan mengalami nasib yang sama jika pada perang kemerdekaan tidak terwujud kerja sama yang tulus untuk menghadapi Belanda. Sehingga akhirnya bisa mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Kerja sama ini sangat penting karena akan bisa saling menutupi kelemahan yang lain dan juga sering kali bisa meningkatkan kemampuan masing-masing individu sehingga ketika misalnya tiga orang bekerja sama. Hasilnya bukan lagi tiga mungkin saja menghasilkan lima.

Perang dagang antara AS dan China juga merupakan salah satu bukti, adanya perebutan pengaruh di dunia. Sayangnya di bawah pimpinan Donald Trump, AS bukannya mencari dukungan negara lain tetapi malah membuat marah sekutu-sekutu mereka (contohnya Uni Eropa).

Kerja sama atau kolaborasi adalah keharusan jika ingin maju di era sekarang.

Jangan Berpikir Aku namun Kita
Semua orang termasuk saya pastinya akan mencoba membela kepentingan aku atau diri sendiri dibandingkan dengan kita atau kepentingan bersama.

Untuk dapat melakukan kerja sama, aku memang harus dikurangi. Sehingga tidak bentrok dengan aku-aku yang lain dan bisa terwujud suatu kerja sama tim yang kuat. Ego harus dikendalikan dan beri orang lain kredit sesuai dengan kontribusi.

Baca "Ego, Jalan Menuju Sukses atau Kegagalan?"

Tidak mudah memang tetapi demi terwujudnya hasil lima dan bukan tiga ketika tiga orang bekerja sama. Tetap harus dilakukan.

Sesekali Lihatlah ke Bawah
Penting untuk memacu semangat kita melihat orang yang lebih sukses dari kita. Namun hal ini bisa juga menimbulkan rasa frustrasi dan menyebabkan kita berbuat apa saja, demi untuk bisa mewujudkan keinginan.

Lihat ke bawah akan membantu menyeimbangkan. Ketika kita belum sesukses orang lain, kita akan bisa bersyukur bahwa kita tidak kelaparan, tidak sakit berat dan lainnya. Iri hati yang mengganggu akan bisa dikurangi.

Iri hati yang bisa menimbulkan kemarahan dan keributan serta halalnya segala cara.

**

Utopia adalah sebuah mimpi tentang sebuah tempat atau keadaan di mana semuanya baik. Namun manusia adalah manusia yang tidak lepas dari kekurangan. Kekurangan yang sebenarnya mungkin bisa ditutupi oleh manusia lain.

Utopia Bumi seperti di Star Trek hanya bisa terwujud ketika semua manusia sadar dan mau bekerja sama untuk bisa mewujudkannya.

Salam
Hanya Renungan di Pagi Hari