Mohon tunggu...
RONALDIN
RONALDIN Mohon Tunggu... MAHASISWA

Nama lengkap saya ronaldin, biasa dipanggil ronal. saya anak pertama dari 6 bersaudara dan saya lahir di desa latawe 09 oktober 1999

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Memahami Tentang Pasar

10 Oktober 2019   01:12 Diperbarui: 10 Oktober 2019   04:32 0 0 1 Mohon Tunggu...
Memahami Tentang Pasar
https://www.flickr.com/hanny44

Sebenarnya apa arti pasar? Pengertian Pasar adalah sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli, baik itu barang ataupun jasa.

Pasar tidak memiliki batas geografis sehingga definisi pasar tidak pernah merujuk pada sebuah tempat atau lokasi tertentu. Selain itu, kehadiran internet juga telah membuat pengertian pasar saat ini semakin luas.

Pengertian pasar yang dimaksudkan di dalam artikel ini kaitannya dengan kegiatan ekonomi, yaitu transaksi jual-beli, baik dilakukan di pasar tradisional maupun secara online. Pengertian pasar dalam ilmu ekonomi adalah jumlah permintaan dan juga penawaran pada barang atau jasa tertentu. 

Dari penjelasan definisi pasar maka kita dapat mengetahui ciri-ciri pasar, yaitu:

  • Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan
  • Terjadi transaksi jual beli
  • Adanya proses permintaan dan tawar menawar
  • Terjadinya interaksi antara pembeli dan penjual
  • Transaksi terjadi ketika ada kesepakatan antaran penjual dan pembeli

Secara umum pasar dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Walaupun pasar tradisional telah mengalami gempuran dari pasar modern, namun cukup banyak masyarakat yang lebih memilih belanja di pasar tradisional.

Berikut penjelasannya:

1. Pasar Tradisional

Pengertian pasar tradisional adalah sebuah tempat bertemunya para penjual dan pembeli serta terjadi proses jual beli secara langsung yang melalui proses tawar menawar. Bentuk bangunan pasar tradisional ini berupa kios, los, atau gerai. Barang yang dijual di pasar tradisional adalah barang-barang kebutuhan sehari-hari. Pasar jenis ini mudah ditemukan di berbagai daerah, misalnya di desa tempat tinggal saya terdapat pasar tradisional yang pasarnya itu tiap hari dimana yang di perjual belikan adalah kebutuhan sehari-hari. di daerah lain misalnya pasar Klewer di Solo, pasar Minggu di Jakarta, dan pasar Beringharjo di Yogyakarta.

2. Pasar Modern

Pasar modern adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli serta melakukan transaksi. Namun, di pasar modern tidak terjadi proses tawar menawar karena barang yang dijual sudah diberi label harga pas. Bentuk pasar modern ini berada di dalam bangunan dimana para pelayanannya dilakukan secara mandiri atau swalayan, dan bisa juga dilayani oleh seorang pramuniaga. Barang-barang yang dijual di pasar tradisional biasanya kebutuhan sehari-hari dan barang lain yang tahan lama.

Secara umum, ada 5 fungsi dan peran pasar bagi masyarakat, diantaranya adalah:

  1. Menetapkan harga; menetapkan harga suatu barang/ jasa sesuai dengan permintaan dan penawaran di pasar.
  2. Mengorganisir produksi; menentukan metode produksi yang paling sesuai dengan memaksimalkan rasio antara output produk dengan input sumber daya.
  3. Mendistribusikan produksi; pasar berperan sebagai distributor pembayaran kepada para pelaku pasar, dalam hal ini tenaga kerja sesuai produktifitasnya.
  4. Menyelenggarakan penjatahan; bertujuan untuk membatasi konsumsi dari produksi yang tersedia. Masing-masing pembeli mendapatkan jatah sesuai dengan daya belinya.
  5. Menyediakan barang dan jasa untuk masa depan; pasar turut berperan sebagai fasilitator dalam hal pengelolaan tabungan dan investasi. Pasar yang memfasilitasi investasi dan tabungan adalah pasar modal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2