Mohon tunggu...
Ronald Hutasuhut
Ronald Hutasuhut Mohon Tunggu... Seniman - Seniman Musik

Seniman Musik

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

3 Prinsip Trading yang Perlu Anda Ketahui

22 April 2022   11:40 Diperbarui: 22 April 2022   11:46 108 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Aduh, bahkan artis pun terpeleset oknum-oknum broker trading bodong..

Semakin buruk saja image dari Forex karena ketidak-pahaman masyarakat banyak.

Baru-baru ini mencuat kasus broker trading bodong lagi, namanya DNA Pro. Nama-nama yang muncul pun tidak asing lagi bagi kita. Sebut saja Rossa, Ello, Ivan Gunawan, Billy Syahputra, dll. 

Mengapa ini terjadi? Mungkin saja artis-artis tersebut sama dengan kebanyakan masyarakat, bahwa mereka masih sulit membedakan pemahaman mengenai Trading sehingga mereka juga sulit menilai apakah suatu broker patut dicurigai atau tidak.

Yuk, kita pahami prinsip-prinsip dasar trading secara umum. Tapi kali ini akan disampaikan dari sudut pandang yang logis berdasarkan teori dalam trading itu sendiri. Agar bisa lebih mudah dipahami.

1. Sumber Penghasilan Broker bukan dari banyaknya trader (member), melainkan dari profit para membernya (berupa Komisi atau Spread).

Jadi dari sudut pandang broker, idealnya tidak perlu terlalu banyak member. Tetapi yang terpenting adalah profit yang bisa para member hasilkan. 

Jadi jika ada broker yang fokusnya mencari member sebanyak-banyaknya, itu bisa berarti broker tersebut tidak memiliki banyak trader handal di dalamnya. Mereka seperti hanya berburu Deposit member, bukan mengejar Profit yang dihasilkan dari Deposit itu.

2. Kondisi Market tidak dikendalikan Broker dan Trader.

Tidak ada satupun pihak yang tahu pasti arah kondisi pasar/market (kecuali instrumen Stock atau saham). Pergerakan pasar ditentukan oleh Bank-bank sentral, Pemerintahan dan kondisi ekonomi/sosial/politik suatu negara secara keseluruhan. Jadi agaknya sulit dipercaya jika ada yang mengatakan ia tahu pasti bahwa harga akan naik atau turun. 

Trader biasanya hanya menggunakan analisa untuk membuat prediksi. Tapi trader yang baik hanya akan bertransaksi jika harga sudah naik atau turun, dan per-gerakannya itu ter-konfirmasi melalui pembacaan chart. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan