Mohon tunggu...
Ronald Hutasuhut
Ronald Hutasuhut Mohon Tunggu... www.aulawesingers.com

Seniman Musik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Fenomena Selingkuh Online

3 April 2021   06:32 Diperbarui: 3 April 2021   06:36 156 3 0 Mohon Tunggu...

Selingkuhan online.. nyata tidak nyata

Saya aktif di beberapa aplikasi karaoke online dan media sosial untuk bekerja sebagai juri kontes bernyanyi. Di dalamnya banyak terjadi kasus perselingkuhan (romance). Uniknya, semua dilakukan secara online saja.. Sebagai seseorang yang suka menulis, saya mencoba menyelidiki lebih dalam fenomena perselingkuhan secara online ini.

Ini terjadi di aplikasi-aplikasi hiburan seperti karaoke digital, live streaming dan game oniline. Perkenalan atau hubungan yang terjadi di aplikasi-aplikasi tersebut berlanjut dengan menggunakan aplikasi media sosial seperti Whatsapp atau Facebook Messenger. Lalu mengarah ke hal yang lebih serius seperti perselingkuhan, pemerasan atau penipuan. Kronologinya rata-rata seperti itu.

Aplikasi-aplikasi (android) karaoke digital memiliki yang sering disebut Room (istilahnya berbeda-beda). Ini semacam satu media seperti group call/group video call dimana lebih dari satu user (pengguna) dapat berkomunikasi secara lisan bersama-sama. Bedanya, disini mereka berkumpul agar bisa bernyanyi karaoke.. bersama-sama

Room semacam ini bisa memiliki password agar bisa membatasi user yang masuk kesana; artinya juga, disana bisa hanya bertemu dua orang saja. Seringkali di saat-saat berdua seperti itulah terjadi perkenalan yang lebih intens.

Berikut ini saya sampaikan gambaran kasusnya..

Bukan salah ibu mengandung, anaknya yang memang sableng. Bukan aplikasinya yang salah, penggunanya yang menyalah-gunakan.

Adalah si Otong yang merayu Mawar (nama-nama samaran) untuk dapat ngobrol berdua di room digital sebuah aplikasi karaoke. Semenjak itu mereka 'jadian' dan lalu bersikap sebagai pasangan kekasih (pacar). Kemana-mana di  seputar aplikasi tersebut mereka selalu berdua. Saling duet karaoke, saling sapa/typing dengan kata-kata mesra dengan panggilan 'sayang', 'umi/abi', 'baby', 'cintaku' dan lain-lain. Rasa cemburu pun mudah sekali timbul. Jika Mawar duet karaoke dengan pria lain, Otong cemburu dan begitu juga sebaliknya.

Komunikasi mereka berlanjut ke media seperti Whatsapp dimana mereka bisa bertelpon ria atau melakukan video call. Tidak jarang pembicaraan menjadi ke arah sex dan beberapa sampai terjadi sex video call, saling bugil atau bertukar foto bugil. 

Ajaibnya, baik Mawar dan Otong sudah punya pasangan (suami/istri) yang sah di dunia real mereka!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN