Mohon tunggu...
Ronald Hutasuhut
Ronald Hutasuhut Mohon Tunggu...

Seniman Musik

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

#SiapPresiden Menguji Kenegarawanan Prabowo

22 April 2019   09:52 Diperbarui: 22 April 2019   10:03 0 7 2 Mohon Tunggu...
#SiapPresiden Menguji Kenegarawanan Prabowo
dok suara.com

Kubu Jokowi telah berulang kali menghimbau kepada kubu Prabowo untuk menunggu hasil resmi Pemilu dari KPU, tidak memprovokasi dengan hasil perhitungan suara internal BPN, serta menjaga ketertiban dengan tidak mendeklarasikan diri sebagai pemenang Pilpres secara sepihak.

Tepat pada peringatan Jumat Agung tanggal 19 April lalu, kubu Prabowo berniat melakukan 'perayaan kemenangan' sepihak di Monas. Tetapi karena mereka tidak memiliki ijin, kegiatan tersebut dipindah ke Kertanegara.

Prabowo mengatakan bahwa ia sudah menang, dan sudah menjadi presiden RI. Tentunya tanpa keputusan resmi KPU, juri yang berhak menentukan pemenang.

Prabowo boleh saja tidak percaya hasil perhitungan QC (hitung cepat). Tetapi tidak menunggu hasil resmi KPU adalah tindakan yang tidak sportif, apalagi sampai mendeklarasikan diri sebagai pemenang secara sepihak. Hal ini tentu memicu keributan di kalangan masyarakat sampai elit politik.

Kubu TKN juga ternyata latah mengikuti jejak Prabowo mendeklarasikan kemenangan. Apa boleh buat, pihak lawan begitu gencar mempromosikan "Prabowo Menang", sehingga kubu Jokowi harus menyetarakan persepsi mata publik.

Jokowi sendiri telah mengutus Luhut Panjaitan untuk bertemu Prabowo. Menurut Moeldoko, seperti yang diberitakan Tirto, tujuan Jokowi mengutus Luhut Panjaitan adalah untuk menjaga stabilitas nasional.

Prabowo segera  menolak Luhut Panjaitan dan mengatakan ingin bertemu Jokowi secara langsung. Entah benar atau tidak..

Seharusnya seorang negarawan bisa berkompetisi dengan sehat dan bersikap sportif. Semua pihak harus menunggu hasil resmi KPU.

Prabowo telah memulai polemik hasil Pemilu. Jauh-jauh hari Ia telah mengumandangkan kecurangan. Setelah keluar hasil QC, ia tidak hanya tidak percaya metodologi hitungan QC, tetapi ia bahkan menuduh lembaga-lembaga yang melakukan QC berpihak.

Parahnya, tanpa hasil resmi KPU, Prabowo mendeklarasikan sebagai pemenang dan sudah melakukan perayaannya. Sehingga bermunculan hashtag #SiapPresiden berikut dengan meme dan parodi-parodinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2