Mohon tunggu...
Ronald Hutasuhut
Ronald Hutasuhut Mohon Tunggu...

Seniman Musik

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Yesus dan Jokowi

18 April 2019   12:47 Diperbarui: 18 April 2019   13:31 0 4 1 Mohon Tunggu...
Yesus dan Jokowi
Photo by Christoph Schmid on Unsplash

Tulisan ini adalah sebuah refleksi Paskah umat Kristiani.

Peringatan hari Paskah tahun 2019 jatuh pada hari minggu tanggal 21 April; 4 hari setelah pencoblosan Pilpres yang dilaksanakan pada tanggal 17 April. Peringatan hari Paskah 2019 bertepatan dengan masa akhir Pemilu, dimana tokoh utamanya adalah Yesus Kristus dan presiden petahana Bpk. Joko Widodo (Jokowi).

Dua kronologi bersejarah yang memiliki kemiripan..

**

Di masa sebelum Yesus diperintahkan untuk memulai pekerjaan ilahi-Nya, Yesus adalah seorang tukang kayu sederhana. Sebelum Jokowi bekerja untuk pemerintah, ia adalah seorang pengrajin kayu.

Tugas Allah kepada Yesus adalah memberitakan kabar baik, yaitu: Keselamatan. Bumi dan manusia saat itu mengalami krisis iman dan manusia telah kelewat batas melakukan dosa. Sehingga Allah memerintahkan Yesus turun ke dunia sebagai sang Juru Selamat, si Raja Damai. Menyelamatkan manusia dari keterpurukan dosa.

"Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian." Yesaya 53: 6

Rezim Soeharto mewariskan budaya korupsi yang kuat dan krisis ekonomi; pembangunan yang tidak merata; demokrasi yang mati; dan sistem Pendidikan yang buruk. Warisan Soeharto ini berdampak besar sampai saat ini.

Ketika masa peralihan rezim SBY dan pemerintahan-pemerintahan sebelumnya ke Jokowi, Indonesia diwariskan banyak masalah yang harus dihadapi. Hal ini karena notabene SBY tidak menghasilkan apa-apa selama 10 tahun memerintah.

Seperti kata beberapa tokoh dan profesional:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x