Mohon tunggu...
Ronald Dust
Ronald Dust Mohon Tunggu... Seniman - Seniman Musik dan Jurnalis

Seniman Musik dan Jurnalis

Selanjutnya

Tutup

Music

Apakah Kompas TV Meniru Ide Jingle Pemilu Saya?

19 Maret 2019   15:21 Diperbarui: 19 Maret 2019   16:09 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://twitter.com/Rosianna766Hi/status/1107876212511113216

Pada tanggal 10 Oktober -- 7 November 2018, Rumah Pemilu Kompas TV mengadakan kompetisi jingle. Saya salah satu yang mengikuti kompetisi tersebut. Karya saya berjudul Muda Memilih.

https://www.rumahpemilu.id/mudamemilih

Singkat cerita, karya saya tidak menang. Saya mengetahui itu pada bulan November tahun lalu.

Hari ini, tanggal 9 Maret 2019,  saya melihat akun twitter kak Rosi SIlalahi @Rosianna766Hi yang mem-publish sebuah lagu jingle pemilu dengan tema Muda Memilih juga, yang ide musikalnya sangat mirip sekali dengan karya milik saya!

Ide musiknya adalah: Menggunakan instrumen electronic (sample) untuk aransemen warna musik EM/EDM (electronic dance music), tempo agak lambat tapi tetap ceria (fun), mengandung 1 verse chorus dengan melodi yang sederhana dan catchy, di-blend dengan unsur vokal Rap. Ini ide yang sama antara karya yang di-publish Kompas TV dan karya saya dalam kompetisi jingle Pemilu Kompas TV.

Kita bisa melihat karya kontestan lain di Instagram dengan hashtag #MudaMemilih. Tidak ada kontestan yang menggunakan ide musik dan aransemen seperti karya saya. Karya kontestan yang menang juga tidak ada yang menggunakan ide musik seperti yang saya gunakan.

Yang Anda dapat perbandingkan adalah aransemen lagunya. Saya tidak akan menyebutkan detail teori musiknya di sini karena itu akan menjadi bahan materi hukum saya di pengadilan, kalau-kalau ada yang mau menuntut saya karena tulisan ini.

Setelah melihat pengumuman pemenang kompetisi ini tahun lalu, saya langsung menghapus video yang saya upload ke Instagram dengan satu tujuan: Agar karya saya tidak dijiplak dan ditiru!

Tapi walaupun video saya sudah dihapus di Instagram, saya memiliki semua bukti digital lain yang membuktikan keikutsertaan saya dan karya saya. Saya juga memiliki bukti percakapan saya dengan admin Facebook Kompas TV mengenai proses keikutsertaan saya dalam kompetisi ini.

Ide musik Jingle yang di-publish Kompas TV sangat mirip dengan karya saya. Mengingat hubungan karya saya dengan kompetisi jingle pemilu Kompas TV, saya mempertanyakan:

Apakah Kompas TV mencuri ide karya jingle saya..?!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun