Mohon tunggu...
Ronald Hutasuhut
Ronald Hutasuhut Mohon Tunggu...

Seniman Musik

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Arti Seorang Teman

11 Maret 2019   16:21 Diperbarui: 11 Maret 2019   16:26 0 0 1 Mohon Tunggu...

Jauh lebih mudah melukai hati teman ketimbang mencari seorang teman. Tidak mudah juga menjadi seorang teman yang dianggap baik oleh teman kita.

Terkadang hubungan pertemanan bisa menjadi rumit. Ada kalanya kita kecewa terhadap orang yang kita percayakan menjadi teman. Tetapi terkadang teman kita yang justru kecewa terhadap kita. Mungkin ada baiknya kita mulai dengan diri sendiri.

Mari kita belajar menjadi seorang teman yang baik sebelum mencari orang untuk dijadikan teman. Berikut ini beberapa tips untuk memperbaiki kualitas diri sebagai seorang teman:

1. Jangan 'memanfaatkan' teman

Konotasi dari kata 'memanfaatkan' adalah memanfaatkan kebaikan atau bantuan teman hanya untuk kepentingan diri sendiri tanpa ada rasa syukur, penghargaan atau balasan yang baik kepada teman kita.

2. Jangan berbohong kepada teman

Kita memang tidak dapat sepenuhnya terbuka kepada teman kita. Tetapi sebisa mungkin usahakan untuk tidak berbohong kepada teman karena itu akan dapat menyinggung perasaan mereka. Jika ada hal yang tidak dapat dibicarakan, sebaiknya jujur saja mengatakan bahwa hal itu tidak dapat dibicarakan.

3. Bersikap apa adanya

Jangan melebih-lebihkan atau mengurangi fakta. Bicaralah dan bersikaplah apa adanya. Seorang teman yang baik dapat menerima kekurangan kita.

4. Jangan meninggikan diri dan merendahkan teman

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Isilah kekurangan temanmu, demikian juga sebaliknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x