Mohon tunggu...
Romi hanafi
Romi hanafi Mohon Tunggu... pekerja dan pelajar yang menyukai dunia binatang, hobi? saya penghobi cupang dan burung

penikmat bacaan seputar hewan di satriahewan.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Berbagai Jenis Metode Pembelajaran Diskusi

20 September 2020   05:03 Diperbarui: 3 Oktober 2020   16:49 54 1 0 Mohon Tunggu...

Menjadi seorang pendidik memang harus selalu dituntut kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Karena melalui guru inilah siswa dapat memperoleh informasi baru yang bermanfaat. Nah, agar informasi yang ingin disampaikan dapat diterima oleh siswa dengan baik, maka memerlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode pembelajaran diskusi.

Apa itu metode pembelajaran diskusi?


Pengertian Metode Pembelajaran Diskusi


Metode Pembelajaran Diskusi

Metode pembelajaran diskusi adalah metode yang dimana guru memberikan suatu persoalan atau masalah kepada peserta didik, dan peserta didik di beri kesempatan untuk berkelompok dan menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru.

Dalam kegiatan diskusi, peserta didik diberikan kebebasan untuk mengemukakan pendapatnya. Baik itu mengusulkan, menyanggah dan memberikan saran.

 

Pengertian Metode Pembelajaran Diskusi Menurut Para Ahli


1. Semiwan

Metode diskusi adalah suatu cara penyampaian materi pelajaran melalui saran pertukaran pikiran untuk memecahkan persoalan yang dihadapi.

 

2. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain (2006)

Metode pembelajaran diskusi adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa-siswa dihadapkan kepada suatu masalah, yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama.

 

3. Suryosubroto (1997)

Metode diskusi adalah suatu cara penyajian bahan pengajaran dengan guru memberikan kesempatan kepada siswa atau kelompok-kelompok untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun ke berbagai alternatif pemecahan suatu masalah.


Jenis-Jenis Diskusi


Pada dasarnya metode pembelajaran diskusi memiliki beberapa jenis diskusi, dimana guru harus memilih jenis diskusi apa yang tepat untuk kegiatan pembelajarannya.

Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis diskusi.

1. Diskusi Formal

Diskusi formal adalah jenis diskusi yang paling sering dijumpai dalam lembaga instansi pemerintahan ataupun forum publik. Dalam diskusi ini biasanya berisikan moderator dan notulen yang memandu jalannya diskusi.

 
2. Diskusi Non-Formal

Dalam diskusi non-formal tidak membutuhkan adanya moderator dan notulen, serta kegiatan ini berjalan sendiri tanpa adanya pengawasan.

 
3. Diskusi Symposium

Diskusi symposium adalah diskusi dimana ada beberapa pemateri yang menyampaikan materi kepada audience dan dilakukan secara bergantian. Kalau dalam bahasa anak kuliahan biasa disebut persentasi.

 
4. Diskusi Panel

Diskusi panel adalah diskusi yang peserta diskusinya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok aktif dan kelompok pasif.

Dimana kelompok aktif adalah kelompok yang menyampaikan materi dan kelompok pasif adalah kelompok yang hanya mendengarkan materi saja.


5. Lecture Diskusi

Jenis diskusi ini hampir sama dengan diskusi ceramah, dimana diskusi ini bertujuan untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah.


Kelebihan Metode Diskusi

  • Melatih anak untuk berfikir kritis.
  • Mendorong siswa untuk mencari solusi dari masalah yang sedang dihadapi.
  • Menjadikan siswa lebih aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
  • Melatih kemampuan berbicara siswa.
  • Melatih rasa kepercayaan diri siswa.
     

Kekurangan Metode Diskusi

  • Kondisi kelas menjadi kurang kondusif.
  • Tema diskusi terbatas.
  • Forum tidak dikuasai seluruh siswa, artinya siswa yang tidak berani berbicara hanya akan diam saja.
  • Membutuhkan penyampaian formal dalam berpendapat.

Dapatkan artikel menarik lainnya di Boled Kriuk dan Caralogis

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x