hikmah romadhani
hikmah romadhani Mohon Tunggu... Buruh - romadhani27

if your soul hurts his soul, he will be sick and more disappointed

Kesunyian Malam Hari di Gunung Bongkok Purwakarta

21 Maret 2021   12:02 Diperbarui: 21 Maret 2021   12:07 744

Cikarang, 13 Maret 2021

Perjalanan di mulai dari Cikarang, rencana naik berempat tapi karena saya terhalang adanya kewajiban bekerja jadi salah satu dari mereka menunggu saya sampai pulang kerja, dan 2 orang lagi mereka berangkat ke purwakarta jam 09.00 pagi. Rencana awal mereka mau camcer ke gunung parang yang titik lokasi tidak jauh dari gunung bongkok, tetapi karena berpikir track ke puncak gunung parang itu hanya bisa dilewati oleh 1 orang saja dan menggunakan tali,, akhirnya niat awal di urungkan dan beralih ke gunung bongkok.

Kami star menggunakan sepeda motor dari cikarang pukul 17.30 dan sesampainya di BC gn. Bongkok jam 22.00,, untuk pergi kesana bisa menggunakan maps sebagai panduan jika belum pernah kesana. saat sampai di BC kami menitipkan kendaraan bermotor di tempat yang sudah disediakan oleh pengelola setempat. selanjutnya kami melakukan simaksi ke ruang pendaftaran,, untuk tiket masuk nya relatif murah. KTP asli pun di tinggalkan yang nantinya ketika kami turun ditukar dengan sampah yang kami bawa dari tempat camping.

biaya yang ada di BC Gn. Bongkok

1. toilet        :Rp. 5000 untuk mandi, dan Rp 2.000 untuk buang air kecil

2. Simaksi     : Rp. 12.000 per orang

3. parkir        : Rp. 5.000

Selesai melakukan simaksi saya memulai tracking hanya berdua, tetapi karena saya cenderung banyak omong dan takut tersesat akhirnya kami berdua turun dan mencari rombongan lain. bertemulah kami dengan rombongan yang sama sama dari Cikarang,, yang kami tracking awalnya berdua dalam perjalanan kami menjadi 9 orang. untuk track dari BC sampai pos 2 masih landai dan relatif dekat tetapi dari pos 2 sampai tempat camp itu kurang lebih memakan waktu 1 jam 30 menit, karena track nya bebatuan meharus menggunakan tali sebagai alat bantu dan lumayan curam.. kalau tidak kanan ya kiri pasti jurang.

Dokpri
sesampainya di persimpangan, ke kanan tempat untuk camping dan bila jalan ke kiri itu track menuju puncak, untuk tempat camp itu sendiri jalan nya menurun dan tempatnya luas, bisa mendirikan tenda sampai 10 lebih, karena area camp nya ada dua lokasi yang atas dan di bagian lebih bawah lagi.

Di gunung bongkok sendiri banyak hewan liar, untuk hewan monyet yang lebih dominan banyak di gunung ini, hati hati dengan barang bawaan kalian jika berkunjung ke sini, karena monyet monyet itu bisa mengambil barang-barang yang kita bawa. tapi ingat, mereka tidak akan menggangu manusia jika manusia itu sendiri tidak menggangu kehidupan mereka.

Untuk area puncaknya sendiri tidak terlalu luas, dan hanya ada tumpukan bebatuan yang lumanyan berbahaya jika tidak berhati-hati. pemandangan dari atas sendiri tidak mengecewakan, karena kita disuguhkan pemandangan kota purwakata dan seisinya.