Mohon tunggu...
roky hermawansiregar
roky hermawansiregar Mohon Tunggu... sangat baik

hebat serta menjadi orang baik

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Uniknya Berternak Sapi di Jrami Farm

17 Mei 2019   00:28 Diperbarui: 17 Mei 2019   00:56 0 2 0 Mohon Tunggu...

Susu adalah salah satu kebutuhan manusia selain menambah energi susu juga dapat menambah kalsium yang ada dalam tubuh. Salah satu sapi yang dapat adalah sapi perah. Team icommers kali ini mengunjungi salah satu peternakan yang ada di kota Bogor, Jawa barat, tepatnya di Jrami farm. Disini icommers akan melihat proses pemerahan susu sapi, mulai dari cara memandikan sapi-sapi sampai memberikan makan para sapi.

Hal yang pertama ketika kita ingin memerah serta beternak sapi yaitu dengan membersihkan sapi. Membersihkan sapi yaitu dengan mencuci badan sapi menggunakan sapu lidi serta membersihkan kandang sapi. Pembersihan ini bertujuan agar sapi tetap highienist  ketika dikandang serta kandang sapi juga tidak bau karena sapi perah termasuk sapi yang gampang dalam memproduksi makanan. Jadi ketika sapi makan beberapa jam setelah itu sapi  akan mengeluarkan kotoran. Ditahap kedua setelah sapi telah dibersihkan, sapi- sapi kemudian diberi makan ampas tahu, ampas tahu disini berguna untuk membuat para sapi agar susu yang diproduksi sapi agar lebih baik dan lebih terjaga kualitas nya. Biasanya ampas ini diambil oleh pemilik kandang sapi dari pabrik-pabrik tahu sekitar.

Ditahap ketiga setelah diberi makan ampas tahu, sapi-sapi mulai lah di perah susunya. Memerah susu sapi juga tidak boleh sembarangan, karena ketika kita memerahnya sesuka hati sapi akan marah dan merasa tidak nyaman. Untuk memerahnya kita harus melumuri tangan dengan minyak kelapa sawit. Minyak kelapa sawit bertujuan agar dalam memerah ambing sapi tersebut licin serta sapi merasa nyaman. Setelah di perah, ambing sapi jangan lupa untuk di cuci kembali menggunakan air karena ambing sapi telah berlumuran dengan minyak kelapa sawit. Setelah sapi-sapi selesai diperah, sapi-sapi menuju tahap ke empat yaitu diberi makan rumput. Di beri makan rumput bertujuan untuk sapi-sapi agar tetap stabil dalam memproduksi setiap susu serta kebutuhan pokok nya sapi merupakan rerumputan yang ada.

Di tahap terakhir setelah diberi makan rumput sapi-sapi tersebut di bersihkan kembali agar sapi-sapi tersebut lebih steril serta tetap terjaga kebersihannya. Menurut bapak sulistiyo yaitu pemilik sapi perah Jrami farm mengatakan bahwa beternak sapi terlihat lebih susah apabila kita tidak bersungguh-sungguh dalam merawat serta membersihkan sapi-sapi tersebut. Susu sapi merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia saat ini. Susu juga bisa dinikmati oleh siapa saja, mulai dari anak bayi hingga umur yang sudah tua.