Mohon tunggu...
Roka Hanan Firmansyah
Roka Hanan Firmansyah Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

Hai semuanya, salam kenal!, nama saya Roka Hanan Firmansyah, harapan saya semoga dengan artikel singkat ini dapat memberikan insight dan informasi yang bermanfaat kepada para pembaca. Sebagai generasi emas penerus bangsa, yuk mulai gerakan untuk menata masa depan agar lebih baik. -Hanyalah manusia biasa yang memiliki cita-cita luar biasa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pengertian dan Pentingnya Time Management (Manajemen Waktu)

7 Oktober 2020   00:34 Diperbarui: 27 Mei 2021   12:22 3965
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Manajemen waktu. | Image source : https://newatlas.com/physics/quantum-time-travel-simulator-butterfly-effect/

Hai sobat pembaca, Perkenalkan nama saya Roka Hanan Firmansyah, Umur saya 17 Tahun, artikel ini dibuat pada 7 Oktober, 2020 pada pukul 12.14 Malam. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas betapa pentingnya time management (manajemen waktu). Pertama-tama marilah kita pahami terlebih dahulu apa itu pengertian dari manajemen waktu tersebut.

Menurut para Ahli, definisi manajemen waktu, yaitu: 

  • Menurut Taylor (1990), manajemen waktu adalah pencapaian sasaran utama kehidupan sebagai hasil utama kehidupan sebagai hasil dari menyisihkan kegiatan-kegiatan yang tidak berarti yang sering memakan banyak waktu. 
  • Menurut Haynes (1994), manajemen waktu adalah suatu proses pribadi dengan memanfaatkan analisis dan perencanaan dalam menggunakan waktu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

"Gunakan setiap menit yang ada dan setiap jam yang akan datang menjadi sangat berharga." -- Lord Chesterfield

Kenapa harus memiliki kemampuan manajemen waktu?

Menurut opini saya pribadi, kemampuan manajemen waktu sangatlah penting, hal tersebut ibarat emas dan apabila diikuti dengan attitude (sikap) yang baik maka Anda ibarat menggenggam emas dan berlian disaat bersamaan yang mana sikap tersebut sangatlah penting dalam dunia kerja, dunia pendidikan, organisasi, kepanitiaan, dll. Implementasi hal-hal tersebut akan berdampak kepada profesionalitas teman-teman dan akan mempengaruhi value yang ada di dalam diri teman-teman. 

Kemampuan manajemen waktu juga akan membantu teman-teman dalam menyusun pekerjaan dan melakukan To-Do List. Orang-orang yang ingin produktif sangat dianjurkan untuk memiliki To-Do List, Sehingga mereka tahu apa yang akan ingin mereka lakukan dan kapan mereka ingin melakukan hal tersebut.

Apakah teman-teman pernah mendengar falsafah "Time Is Money"? yang berarti waktu adalah uang?, Ya, falsafah tersebut sangat populer. Namun, apakah Teman-teman tahu bahwa pepatah tersebut dianggap keliru dan kurang tepat? Ya, waktu bukanlah hanya sekadar ibarat uang, tetapi Waktu lebih dari uang, Waktu adalah kesempatan, Waktu adalah hidup. Uang yang telah habis bisa saja teman-teman kembalikan tetapi apakah hal tersebut berlaku kepada waktu? jawabannya tidak.

Baca juga: "Dirumah Aja" Apakah Juga Perlu Manajemen Waktu yang Baik?

Apa saja beberapa manfaat dari manajemen waktu yang baik?

1. Mempunyai sasaran yang lebih baik

Teman-teman akan mempunyai sasaran dengan tenggat waktu yang berarti teman-teman harus menyelesaikan sasaran tersebut dengan waktu yang tepat apabila ingin menyelesaikannya dengan baik.

2. Timbulnya kemampuan menempatkan urgensi sesuai pada porsinya

Teman-teman akan menempatkan urgensi sesuai pada porsinya, maksudnya, teman-teman akan menempatkan skala prioritas pada hal-hal yang teman-teman ingin wujudkan dan lakukan. Skala prioritas sendiri berarti ukuran kebutuhan yang tersusun dalam daftar berdasarkan tingkat kebutuhan seseorang.

3. Adanya waktu istirahat dan aktivitas yang tersusun

Ya, dengan kemampuan manajemen waktu yang baik, waktu istirahat dan waktu aktivitas teman-teman akan terorganisir. Hal tersebut akan berdampak kepada proporsionalnya waktu beraktivitas dan waktu istirahat. Teman-teman menjadi tidak akan terlena dalam beristirahat dan tetap menjalankan aktivitas teman-teman dengan baik.

Baca juga: Bukan Soal Pekerjaan Pokok atau Sampingan, tetapi Soal Manajemen Waktu

Hambatan dalam manajemen waktu

Menurut Herawati (2008), terdapat beberapa hambatan yang sering ditemukan dalam memanajemen waktu, yaitu:

  1. Mendahulukan pekerjaan yang dicintainya, baru kemudian mengerjakan pekerjaan yang kurang diminatinya.
  2. Mendahulukan pekerjaan yang mudah sebelum mengerjakan pekerjaan yang sulit. 
  3. Mendahulukan pekerjaan yang cepat penyelesaiannya, sebelum menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan waktu yang lama.
  4. Mendahulukan pekerjaan darurat/mendesak, sebelum menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang penting. 
  5. Melakukan aktivitas yang mendekatkan mereka pada tujuan atau mendatangkan kemaslahatan bagi diri mereka. 
  6. Menunggu batas waktu (mepet) untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung-jawabnya. 
  7. Skala prioritas disusun tidak berdasarkan kepentingannya, tetapi berdasarkan urutan. 
  8. Terperangkap pada tuntutan yang mendesak dan memaksa.
    (Herawati, Y., dkk. 2013. Efektifitas Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa untuk Meningkatkan Target Akademis pada Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya) 

Baca juga: Manajemen Waktu dengan Mengondisikan Mindset dan Peak Moment

Hal-hal yang dapat dilakukan dalam mengimplementasikan time management (manajemen waktu) 

1. Menyusun target

2. Menentukan batas waktu atau deadline

3. Apabila target dan waktu yang tepat tersebut terpenuhi, tidak ada salahnya menghadiahkan diri sendiri

4. Menumbuhkan rasa sadar bahwa waktu itu penting dan waktu tetap berjalan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun