Mohon tunggu...
FAHRURIZAL
FAHRURIZAL Mohon Tunggu... Perawakan Sedang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pakai kacamata

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Muchlis Pathana: Alhamdulillah KKSS Sumbang Korban Bencana Banjir Konawe

13 Juni 2019   16:56 Diperbarui: 13 Juni 2019   17:04 0 1 0 Mohon Tunggu...
Muchlis Pathana: Alhamdulillah KKSS Sumbang Korban Bencana Banjir Konawe
dok. pribadi

Jakarta -- Musibah dan bencana alam yang terus melanda berbagai daerah di Indonesia mendorong Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP-KKSS) menggalang donasi  untuk meringankan beban korban yang terdampak bencana.

Koordinator Tanggap Bencana Nasional BPP KKSS Muchlis Patahna yang memang dikenal sebagai inisiator, menggalang donasi yang dipungut dari warga KKSS untuk didonasikan kepada korban bencana banjir Kabupaten Konawe Utara di Sulawesi Tenggara.

"Sampai saat ini KKSS sudah mengumpulkan sumbangan sebesar Rp. 70 juta dari pengurus KKSS. Ini belum termasuk warga yang langsung mengirimkan donasinya ke Sultra," ungkap Muchlis dalam keterangannya kepada penulis, di Sekretariat Pusat Jakarta, Kamis Sore, (13/06/2019).

Menurut Muchlis yang juga adalah Wakil Ketua Umum KKSS, donasi bisa dikirim ke nomor rekening Badan Pengurus Wilayah (BPW) KKSS Sulawesi Tenggara BNI 5555333215 atas nama BPW KKSS Sultra.  

Ditambahkan bahwa setiap ada musibah yang melanda Indonesia, maka BPP KKSS segera menggalang bala bantuan untuk para korban. "KKSS juga membagi donasi pada korban gempa bumi NTB, Rp 100 juta. Demikian pula pada tsunami dan likuifaksi di Palu, KKSS berhasil memberi donasi Rp 1 milyar lebih," ujarnya.

dok. pribadi
dok. pribadi
Lebih dari itu, Muchlis menambahkan, di Palu, KKSS bersama KKSS Sulteng mendirikan dapur umum, membuat MCK dan sekolah darurat, serta memberikan pakaian layak pakai (bukan bekas) dan obat-obatan.

"KKSS menerjunkan sukarelawan untuk tinggal beberapa lamanya sampai Sulteng benar-benar pulih," imbuh Muchlis seraya menambahkan bahwa KKSS selalu merasa terpanggil jika ada musibah dan bencana menimpa saudara-saudara kita di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, pada gempa dan tsunami juga menghantam Banten dan Lampung, Desember 2018 lalu, kembali KKSS  memberi bantuan berupa sembako senilai Rp 100 juta. Sementara banjir bandang di Sulawesi Selatan yang menelan nyawa 59 jiwa, KKSS  berbagi sebesar Rp 400 juta dan itu diberikan kepada semua korban bencana di Makassar dan semua kabupaten terdampak banjir. (fri)