Mohon tunggu...
Roisul
Roisul Mohon Tunggu... Guru - Kunjungi tulisan saya yang lain di roisulhaq.blogspot.com saat ini sedang menjadi Guru demi mendidik, mencerdaskan anak bangsa.

Menulis tak harus menunggu galau~

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mas Menteri, AKM Itu Tabu... Sedang Siswa Kita Masih Halu...

26 Januari 2021   10:28 Diperbarui: 26 Januari 2021   11:13 442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Siswa saat mengerjakan soal Ujian. sumber; Detik.com

Sebelum tulisan ini saya mulai, bukan bermaksud untuk disklaimer terhadap diri sendiri, saya bermaksud untuk mengeluarkan uneg-uneg terkait dengan ASSESMEN NASIONAL sebagai pengganti Ujian Nasional. 

Ya, mungkin tulisan ini termasuk telat dan tidak up to date mengingat ASSESMEN NASIONAL kabarnya diundur sampai bulan Oktober. Tapi, Izinkan saya untuk sedikit memberi masukan.

Baik, jadi begini ...

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ASSESMEN NASIONAL terdiri atas Asesmen kompetensi Minimum (AKM) yang berisikan soal-soal untk melatih literasi dan numerasi siswa, survey karakter dan survey lingkungan belajar. 

Nah, saya ingin langsung fokus pada pembahasan saya terkait dengan "Literasi". Maaf ini saya beri tanda petik memang kalimat ini multi tafsir menurut saya sejak namanya naik, bahwa kata literasi tidak hanya menyangkut tentang membaca saja, tapi terkait untuk menghitung dan menganalisis, sejak saat itu kata ini menjadi mengerikan. Sebuah kata yang multi tafsir ini jika disampaikan ke anak-anak pasti akan menguap.

Ok, begini..

Bukan bermaksud pesimis dengan AKM, tapi saya ingin melihat dari kaca mata lapangan, dari orang yang memang berinteraksi langsung dengan objek assesmen ini, maaf sekali lagi jika saya sok tahu dan cenderung menyalahkan. 

Lanjut ya ...

Dalam soal AKM kurang lebih seperti ini konsepnya, jadi siswa diberikan info grafik, paragraf, biografi dan semacamnya, yang kalau kita bandingkan dengan soal UN itu memang soalnya agak panjang. Dan di sini mungin titik tekannya "Siswa harus membaca secara keseluruhan teks tersebut agar dapat mengerjakan soal." 

Bolehkan ini saya sebut sebagai pemaksaan pak, bukan apa-apa pak itu teksnya panjang sekali, pertanyaan saya pak, siapa orang yang semangat jika diberi bacaan sepanjang itu???

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun